Published On: Sel, Okt 14th, 2014
                            

Lulusan D4 Sulit Dapat Kerja, Yatim Akan Himbau PTS

Kadisdik Kepri, Yatim Mustafa. Foto: Rony
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sulitnya lulusan Diploma 4 (D4) untuk mencari pekerjaan didaerah Provinsi Kepri terutama Kota Batam, membuat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Yatim Mustafa menghimbau, kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) jangan asal membuka jurusan D4 jika tidak cocok dengan kebutuhan daerahnya.

Sebab yang terjadi saat ini di Kota Batam, lebih diutamakan lulusan S1 di perusahaan swasta dalam menerima karyawan, maka dari itu banyak yang lulusan D4 didaerah tersebut mengeluh dan ingin meminta persamaan tingkatan dengan S1.

“Memang permasalah yang terjadi disebabkan jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan peluang di dunia kerja di areal kota tersebut. Dan adanya jurusan baru yang tidak menunjang kapasitas dari D4 yang diperlukan oleh sebuah perusahaan sehingga hal ini terjadi,” katanya, Selasa (14/10) kepada KepriDays.com.

Selain itu, Yatim menjelaskan, Disdik Kepri akan meminta PTS untuk mengkaji setiap jurusan D4 yang ada ataupun yang akan dibentuk. Karena lulusan D4 merupakan tenaga profesional, bahkan D4 sendiri sebenarnya setingkat dengan S1.

“Sebenarnya mustahil bila sulit mencari pekerjaan, sebab D4 sendiri diperuntukan memang untuk seorang pekerja dan D4 juga disiapkan untuk menjadi tenaga pekerja yang berkompetensi serta profesional,” ungkapnya.

Padahal, kata Yatim, diketahui pada masa kepemimpinan Presiden RI yang terbaru nanti, Kementerian Pendidikan akan dipecah menjadi 2, yakni, Kementerian Dasar, Menengah dan Kementerian Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemristek).

“Jadi diharapkan pada Kementerian Kebudayaan dan Ristek ini juga menjadi penengah permasalahan yang terjadi tersebut, lalu dapat menjaring lulusan D4 untuk berada pada fungsinya, sehingga lulusan D4 akan mendapat perhatian khusus,” katanya.

Sementara itu, Yatim juga mengatakan, pihak Disdik Kepri nantinya akan membatasi jurusan terbaru dari D4 dan membatasi jumlah mahasiswa dari lulusan tersebut. Namun jika memang lagi dibutuhkan lulusan D4 dari berbagai lapangan kerja, maka jumlah mahasiswa untuk lulusan tersebut dapat ditambahkan oleh PTS yang menyediakan lulusan itu.

“Disdik juga akan lebih mengkaji jurusan pada D4 agar dapat diterima pada dunia kerja. Tapi saat ini Disdik Kepri justru lebih memperhatikan anak didik Kepri yang lulusan D3 dan S1, karena jika Disdik ingin memberikan bantuan untuk sekolah ke anak didik di Kepri, langsung ke D3 atau S1 tidak sekolahkan ke D4, sebab D4 sama dengan S1,” katanya. (ADO)

475 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>