Published On: Rab, Okt 29th, 2014
                            

Lis Minta Ketua RT/RW ‘Update’ Data Masyarakat Miskin

Lis.Foto: Ist/Humas
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Masalah kemiskinan di Kota Tanjungpinang memang belum sampai di titik yang paling parah. Oleh karena itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah meminta kepada Ketua RT/RW se-Kecamatan Tanjungpinang Barat, untuk melakukan ‘Update’ atau pengecekan terbaru data masyarakat miskin didaerahnya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Lis Darmansyah, saat menyerahkan insentif RT/RW secara simbolis kepada Ketua RT dan Ketua RW di Kecamatan Tanjungpinang Barat, Selasa (28/10) kemarin di Kantor Camat Tanjungpinang Barat.

“Bantuan untuk masyarakat miskin yang diberikan dihitung berdasarkan data dari BPS. Sementara, masih ada ketidakcocokan data antara BPS dan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Tahun depan, akan dilakukan updating data agar penyaluran bantuan untuk masyarakat miskin bisa tepat sasaran,” katanya.

Sedangkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, Lis mengungkapkan, dibutuhkan bantuan dan peran serta secara aktif dari para Ketua RT dan RW dalam mendata warga disekitarnya. Karena, para Ketua RT dan Ketua RW merupakan orang yang paling paham betul akan kondisi sesungguhnya para warganya.

“Dengan demikian akan didapatkan data yang akurat mengenai jumlah warga sesuai dengan kategorinya, yakni, hampir miskin, miskin, dan sangat miskin,” ujarnya.

Sementara di Kota Tanjungpinang sendiri, Lis menilai, tidak ada masyarakat miskin hanya saja masyarakat kurang mampu, sebab rata-rata kehidupannya bisa dibilang tidak begitu kesulitan dalam menafkahi kehidupan sehari-hari.

“Masyarakat kita tidak ada yang miskin, rata-rata punya penghasilan walaupun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Lis.

Namun fenomena yang terjadi disaat pendataan tidak ada warga yang mengaku miskin secara terang-terangan, lanjut Lis, tapi pada saat pembagian bantuan jumlah penerimanya jauh lebih banyak saat pendataan, sehingga bantuan yang diberikan terkesan kurang.

“Untuk itu kepada para Ketua RT dan RW agar lebih jeli dalam mendata warganya. Ada indikator-indikator khusus yang harus dipahami dalam memberikan penilaian. Saya harap dengan adanya peran aktif dari para Ketua RT dan Ketua RW masalah pendataan warga miskin di Kota Tanjungpinang dapat teratasi,” ucapnya.

Adapun besaran insentif yang diterima oleh para Ketua RT dan Ketua RW se-Kota Tanjungpinang, setelah dipotong pajak adalah Rp. 1.096.875 untuk periode Juli sampai dengan September 2014. (ERA/RNN)

287 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>