Published On: Ming, Apr 24th, 2016
                            

Lis: Gawai Seni Tumbuhkan Budaya Melayu

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah. Foto : Yuli
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan, acara Gawai Seni sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan seni dan budaya Melayu di Kota Gurindam.

Bahkan acara yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang pada tahun 2016 ini, bakal berlangsung selama empat hari di Lapangan Pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang.

“Budaya dan seni merupakan satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan. Karenanya seni dan budaya adalah tradisi dari hasil karya dari keindahan yang di turunkan dari generasi ke genasi,” kata Lis, Ahad (24/04) belum lama ini.

Sedangkan melalui Gawai Seni ini, Lis menambahkan, dapat memberi motivasi kepada anak didik, supaya lebih mengenal budaya melayu.

“Disinilah kita dapat menanamkan nilai-nilai seni dan budaya Melayu yang harus terus kita pertahankan dan dilestarikan,” ujar Lis.

Sementara untuk mengenalkan berbagai potensi wisata yang ada di Kota Tanjungpinang kepada generasi mendatang, diketahui Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dapat bekerjasama dengan mengajak para pelajar untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata.

“Mereka bisa kita kenalkan potensi wisata. Kita juga bisa sekaligus menceritakan sejarah melayu yang ada di Kota Tanjungpinang,” ujar Lis.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram menjelaskan, acara Gawai Seni juga sebagai ajang pembinaan dan prestasi seni bagi para pelajar.

Event ini, lanjut Juramadi, bakal diisi dengan berbagai perlombaan, yaitu, lomba pantun, lomba tari tradisi, lomba tari kreasi, lomba visualisasi puisi, dan visualisasi gurindam 12.

“Peserta pada lomba adalah pelajar tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan Sanggar Seni. Bagi peserta dari lomba tari yang akan meraih juara 1 dan 2 akan diikutkan pada parade tari tingkat Provinsi Kepri pada awal Mei mendatang,” katanya. (RNN)

321 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>