Published On: Sel, Apr 11th, 2017
                            

Lingga Belum Miliki Balai Karantina Ikan

Plt kepala dkp lingga aang
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Keberadaan Balai Karantina Ikan didaerah Kabupaten Lingga sampai hari ini masih belum tersedia, tentunya menghambat kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lingga dalam hal pencatatan jumlah sumber daya ikan yang keluar atau di ekspor.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKP Kabupaten Lingga Aang Abubakar, Kabupaten Lingga sampai hari ini belum difasilitasi Balai Karantina Ikan dan Pengendali Mutu (BKIPM).

“Lingga belum ada. Kami sedang jajaki BKIPM menempatkan wilayah kerjanya di sini khususnya di kepulauan Senayang. Kalau Lingga ada wilayah kerja Balai Karantina ini, kami bisa tau jumlah ikan yang keluar,” ungkapnya, Selasa (11/04).

Sedangkan hal lain yang lebih penting dari itu, lanjut Aang, keberadaan Balai Karantina dapat memenuhi regulasi pemberian Surat Keterangan Asal (KSA) hasil tangkap nelayan dari pihaknya.

“Kalau kami bisa keluarkan Surat Keterangan Asal, akan memberi celah penghasilan PAD bagi Lingga dari perikanan ini,” ungkapnya.

Sementara selama ini Kabupaten Lingga dengan gografis kepulauan yang luas lautnya mencapai 96 persen dari total luas daerah itu, lanjut Aang, belum dapat menikmati PAD dari sektor perikanan.

Sedangkan data ikan keluar milik sejumlah penampung ikan, menunjukkan jumlah yang cukup besar setiap tahunnya, seperti data penjualanan ikan dari pelantar seorang penampung di Desa Tajur Biru, Kecamatan Senayang, mencatat sekitar 8.600 ton ikan terjual setiap tahunnya.

“Kami harap BKIPM dapat segera menempatkan wilayah kerja karantina di Kabupaten Lingga. Setidaknya, keberadaan kantor karantina akan sedikit membantu daerah itu mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanannya,” ucap Aang. (RUZI)

209 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>