Published On: Jum, Apr 1st, 2016
                            

Lakukan Ini Ketika dapat Kritikan

ilustrasi galau. Foto : Ist/net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kritik dari orang lain tidak selalu berarti mereka ingin menjatuhkan Anda atau mereka tak suka pada Anda.

Ada pula kritikan yang justru bisa membuat Anda menjadi lebih baik. Kritikan bisa diberikan oleh keluarga, teman, atau kolega dan atasan di kantor.

Jangan langsung marah saat Anda dikritik. Berikut ini adalah lima cara yang bisa Anda lakukan saat mendapat kritikan dari orang lain, seperti dikutip dari Bisnis.com.

1. Dengarkan dengan seksama.

Saat seseorang memberitahu hal yang negatif tentang Anda, akan sangat mudah untuk marah dan hanya fokus pada aspek kritis dalam diskusi tersebut.

Namun, coba beri kesempatan orang tersebut untuk menjelaskan dan tetap berikan sikap positif, baik dari ekspresi muka hingga gestur tubuh.

Jangan potong perkataannya dan baru berikan respons jika sudah saatnya Anda berbicara. Dengan mendengarkan perkataan lawan bicara dengan seksama, mereka juga akan menghargai apa yang akan Anda bicarakan selanjutnya.

2. Pastikan Anda mengerti.

Cara agar Anda bisa menerima kritikan dengan baik adalah dengan memastikan Anda benar-benar mengerti apa yang dibicarakan orang lain.

Anda bisa bertanya untuk meyakinkan diri, sekaligus memastikan tidak terjadi salah komunikasi. Tetap usahakan kepala Anda tetap dingin sambil mencerna semua kritikan yang diterima.

3. Jangan menjadi defensif.

Sikap alami yang dilakukan orang saat mendapat kritik adalah bersikap defensif. Anda mungkin merasa kesal atau malu karena orang lain mengkritik kesalahan atau perilaku Anda.

Namun, berusahalah untuk bersikap terbuka sebagai cara untuk mengambil kesempatan berharga, yaitu untuk menjadi pegawai, teman, partner, atau anggota keluarga yang lebih baik. Anda justru bisa mendapatkan informasi berharga dari kritik tersebut dan belajar untuk lebih rendah hati.

4. Hindari ketegangan.

Salah satu yang harus dihindari saat menerima kritikan adalah membalas orang tersebut dengan kekurangan atau kesalahannya di masa lalu.

Mengungkit masa lalu bisa menimbulkan lebih banyak ketegangan di antara Anda dan pengkritik. Akan lebih baik jika Anda tetap fokus kepada permasalahan sekarang, ketimbang membahas apa yang sudah berlalu.

5. Beri tindakan positif.

Selanjutnya, tunjukkan bahwa Anda bisa menerima kritikan membangun tersebut dengan tindakan positif. Bukan berarti Anda harus langsung berubah total, tapi dengan menunjukkan usaha untuk bersikap lebih baik justru membuat Anda terkesan profesional dan dewasa. (TIM REDAKSI)

182 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>