Published On: Sen, Mei 19th, 2014
                            

KPA Lakukan Pemeriksaan HIV/AIDS di Komunitas Anak PUNK

Salah satu warga yang ikut serta pengecekan di Cafe Lama Bintan Center. Foto: Rian
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) yang bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kota Tanjungpinang, serta Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batu 10 Kota Tanjungpinang, gencar melakukan pemeriksaan terhadap sekumpulan komunitas yang beresiko terkena virus HIV/AIDs, seperti komunitas sekumpulan anak PUNK yang ada di Cafe Lama Bintan center, Senin (19/5).

“Kami sistem pemeriksaannya adalah dengan jemput bola terhadap komunitas-komunitas yang ada di Tanjungpinang, antara lain dengan melakukan pemeriksaan kasus HIV/AIDS dan Spilis, ini juga merupakan kerja sama dengan LSM untuk di tunjukkan tempat ngumpul komunitas yang perlu diperiksa, dengan upaya sebelumnya sudah dilakukan pendekatan terlebih dahulu,” kata salah seorang perawat Puskemas Batu 10, Irwan, saat diwawancarai KepriDays.com.

Namun, pemeriksaan kali ini, kata Irwan, dilakukan dengan cara mengambil cek sampel darah dari perorangan dan langsung diberitahukan hasilnya ketika sudah selesai pengecekan. “Memang tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil dari pengecekannya, sekitar 15 menitan sudah bisa diterima hasilnya apakah positif atau negatif,” ungkapnya.

Selain itu, Irwan menjelaskan, ada sebanyak kurang lebih belasan orang yang diperiksa dari komunitas anak PUNK tersebut, hasilnya mereka semua negatif. “Dari 18 orang yang kami lakukan pemeriksaan dengan di tambah orang sekitar yang di ajak untuk ikut serta dalam pemeriksaan ini, hasilnya semuanya negatif. Tetapi jika ada yang positif diberikan penanganan dan dibina, bukan dikucilkan” kata dia.

Sementara, kata Irwan, untuk rencana kedepannya sasaran pihaknya akan masuk ke panti pijat atau tempat-tempat hiburan yang berpotensi bisa terserang virus HIV/AIDS atau Spilis.

“Sejauh ini kami lakukan kepada komunitas-komunitas, karena lebih terjangkau jumlahnya banyak, target setiap melakukan pemeriksaan sekitaran 25 orang. Kedepan memang mungkin akan masuk ke tempat hiburan, karena potensinya sangat bersar disana,” ujarnya. (RPR)

310 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>