Published On: Rab, Apr 27th, 2016
                            

Koruptor Alkes Karimun Dituntut 5 Tahun Penjara

Sidang kasus koruptor Alkes. Foto : Yuli
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Selasa (26/04) siang kemarin, menuntut terdakwa dugaan korupsi pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) di Kabupaten Karimun selama 5 tahun penjara.

Adapun terdakwa dugaan korupsi itu atas nama D‎rg Agung Martiarto Bin M Junaidi ‎selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Syamsuddin selaku Kontraktor dan Direktur Utama PT Karya Global Sarana (KGS).

JPU Yuyun Wahyudi bersama anggotanya Sigit Prabowo menyatakan, terdakwa terbukti bersalah melakukan korupsi menyalahgunakan kewenangan dan sarana.

“Terdakwa juga melanggar pasal 3 juncto pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan korupsi Juncto pasal 55 ayat (1) kesatu KUHP,” kata Yuyun.

Bahkan, Yuyun meminta dengan jelas, Majelis Hakim untuk menghukum terdakwa ‎D‎rg Agung Martiarto Bin M Junaidi dengan hukuman 4,5 tahun penjara dan terdakwa Syamsuddin dengan hukuman 5 tahun penjara.

“Dimana masing-masing terdakwa diminta membayar denda Rp. 100 juta subsider 3 bulan penjara,” ungkap Yuyun.

Sementara untuk terdakwa Syamsuddin selain hukuman badan, kata Yuyun, terdakwa akan dikenakan hukuman untuk membayar uang pengganti atas kerugian negara sebesar Rp. 2.258.075.546, dan apabila dalam waktu satu bulan tidak dapat menggantikan uang pengganti maka harta benda milik terdakwa akan disita oleh negara.

“Apabila harta benda milik terdakwa tidak mencukupi maka diganti dengan hukuman penjahara selama 2,5 tahun,” ujar Yuyun.

Mendengar tuntutan dari JPU, Ketua Majelis Hakim Zulfadli menyatakan, persidangan di tunda sampai satu pekan mendatang, dengan agenda mendengarkan pembelaan dari kedua terdakwa. (YULI)

163 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>