Published On: Sel, Jul 7th, 2015
                            

Korupsi PPID Anambas Masuk Tahap I

Expose Korupsi PPID. Foto : Rahmat Nasution
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Proses penyidikan dugaan korupsi sebesar Rp. 4,8 miliar lebih sisa dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2011, telah masuk tahap I ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Bahkan Kejati Kepri sudah lebih dulu menyita tiga rumah milik dugaan tersangka, Efian, yakni, dua unit di Tanjungpinang dan satu unit di Anambas. Pelimpahan tahap I dilakukan dengan pelimpahan dan penelitian berkas empat dugaan tersangka.

Adapun empat dugaan tersangka itu, yakni, Surya Darma Putra, Anda Ricky, Efian dan Welli Indra. Mereka nanti dari jaksa penyidik dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Pelaksanaan pemberkasan dalam penyidikan kepada empat tersangka korupsi dengan nilai kerugian negara Rp. 4,8 miliar ini telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya dengan pelimpahan ini, jaksa penuntut akan melakukan penelitian hasil penyidikan sudah memenuhi syarat materil dan formil,” ujar Yulianto selaku Asisten Pidana Khusus Kejati Kepri, Selasa (7/7) beberapa waktu lalu.

Selain itu, Yulianto menambahkan, dari penyitaan tiga rumah milik Efian, sebagai recovery asset dari Rp. 4,8 miliar nilai kerugian negara dalam korupsi tersebut.

“Dari total kerugiaan negara Rp. 4,8 miliar lebih, hingga saat ini baru Rp. 750 juta yang dikembalikan kedua tersangka, diantaranya Rp. 150 juta dari tersangka Welli Indera dan Rp. 600 juta dari tersangka Surya Darma Putra,” katanya.

Sedangkan untuk sisanya, lanjut Yulianto, hingga saat ini masih terus dilakukan pencariaan asset masing-masing tersangka, termasuk salah satunya menyita rumah milik tersangka Efian.

“Mengenai dugaan keterlibatan Sekda Kabupaten Kapulauan Anambas, Raja Djelak Nurjalal, nanti akan dilihat dari fakta hukum ketika kasus tersebut sudah pada tahap pengadilan. Jika ada langsung kami tindak lanjuti dan lakukan penahanan terhadap yang bersangkutan dengan kasus ini,” terangnya. (R. NST)

218 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>