Published On: Ming, Jun 28th, 2015
                            

KNPI Minta Pemerintah Waspadai Radikalisme

Seminar Pancasila di Aula Asrama Haji TPI. Foto: Rony/Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tanjungpinang meminta kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan masyarakat, untuk mewaspadai gerakan radikalisme dan ekstremisme yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu saat ini.

“Gerakan kelompok radikal dan ekstrem ini semakin terbuka. Ini perlu diwaspadai,” kata Sekretaris KNPI Kota Tanjungpinang, William Hendry, Sabtu (27/06) pagi, saat Seminar Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Komunitas Bakti Bangsa di Aula Asrama Haji Tanjungpinang.

Bahkan, ia pun menjelaskan, jika tempo dahulu waspada bahaya laten, yang terselubung itu komunisme. Kelompok ini radikalisme dan ekstremisme ini, perlu juga diwaspadai. Sebab, sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Radikalisme dapat menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan massal. Gerakan kelompok berideologi ekstremisme sekarang lebih terbuka. Ada beberapa diantaranya menimbulkan perpecahan, karena isu yang dikembangkan berhubungan dengan suku, ras dan agama. Ini sangat perlu diwaspadai,” katanya.

Sedangkan aktivis mahasiswa, Suaib menjelaskan, mahasiswa harus menjadi garda terdepan yang menjaga kampus, daerah dan negara dari ideologi yang bertentang dengan Pancasila. Ideologi yang bertentangan dengan Pancasila rentan masuk ke kampus dan sekolah-sekolah. Karena itu seluruh mahasiswa dan pelajar harus mewaspadainya.

“Mahasiswa harus peduli terhadap permasalahan ini, jangan harus peduli terhadap nilai akademik walaupun itu diutamakan. Mahasiswa harus berorganisasi dan mengabdi untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya mengajak sekitar 300 mahasiswa dalam seminar tersebut, waspada gerakan radikalisme dan ekstremisme. (RNN)

314 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>