Published On: Sel, Apr 28th, 2015
                            

Kemkominfo Laksanakan Bimtek Sertifikasi Kompetensi Budaya di Pemkot Tanjungpinang

Bimtek Kemkominfo RI. Foto: Humas
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia (RI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, mengadakan Bimtek dan sertifikasi kompetensi budaya dokumentasi bagi aparat pemerintah, Senin (27/04) kemarin di Hotel Comfort Tanjungpinang.

Menurut staf ahli Kemkominfo-RI, Woro Indah Widiastuti, hak memperoleh informasi publik pada dasarnya adalah hak asasi manusia, dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan good governance.

Kemudian, gunanya untuk memberikan kompetensi kepada aparat pemerintah yang tugasnya berkaitan dengan pengelolaan informasi dan dokumentasi, sehingga mampu menjalankan peran sebagai seorang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Maka dari itu, PPID harus memiliki kemampuan yang baik dalam memilah informasi yang memang harus diketahui publik maupun yang tidak harus diketahui,” katanya.

Selain itu, lanjut Woro Indah Widiastuti, keterbukaan informasi yang dimaksud bukan berarti seluruh informasi dapat diakses secara menyeluruh, melainkan ada data yang tidak harus diberikan dan tidak boleh dikonsumsi umum. Salah satu upaya untuk memperoleh PPID yang mumpuni adalah melalui bimtek dan juga sertifikasi.

“Diharapkan dengan menggenggam sertifikasi itu mereka sudah kompeten,” ujarnya.

Sedangkan menurut Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, tujuan pelaksanaan bimbingan teknis dan juga sertifikasi adalah untuk mencari personal yang ahli dalam bidangnya. Terlebih dalam penyampaian informasi kepada khalayak, dengan adanya petugas, maka informasi dari setiap SKPD bisa dikelola dengan baik.

“Dengan diperolehnya sertifikasi, maka telah diperoleh petugas yang berkompeten dan mengerti untuk memberikan informasi.
Apakah ada batasan dalam penyampaian informasi, tentu ada,” ujarnya.

Sementara, masih kata Lis, keterbukaan informasi yang diberikan supaya publik bisa memberikan pengawasan terhadap Pemkot Tanjungpinang. “Bukan untuk mencari kesalahan,” ungkapnya.(AFRIZAL)

288 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>