Published On: Rab, Apr 15th, 2015
                            

Kan Defan 3 Tahun Tertahan di Rudenim

Kakan Rudenim Surya.Foto; ERA
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kan Defan, seorang tahanan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) sudah hampir 3 tahun berada di tempat tersebut, karena belum bisa dipulangkan ke negara asalnya, yakni, Sri Lanka.

Sebab menurut Kepala Rudenim, Surya, Kan Defan merupakan tahan reguler yang masuk ke Rudenim pada bulan Juli tahun 2012 lalu, atas kasus dugaan ilegal ‘fishing’ diperairan Kabupaten Natuna. Bahkan, Kantor Imigrasi Kelas I A Kota Tanjungpinang sudah beberapa kali mengurus untuk memulangkan Kan Defan, namun selalu terkendala dikarenakan Dubes Sri Lanka sulit menerbitkan Pasport.

“Kami sudah beberapa kali ke pusat untuk memulangkannya, namun terkendala pasport. Tapi Kan Defan saat ini pengurusannya sudah hingga ke Jenewa Swiss agar tahanan tersebut cepat dipulangkan,” ucapnya, Rabu (15/04) kepada KepriDays.com.

Sedangkan mengenai kehidupan sehari-hari Kan Defan, lanjut Surya, saat ini ditanggung oleh negara, berbeda dengan tahanan Rudenim yang lain, seperti, pencari Suaka. Sebab, pencari Suaka adalah tahanan Ir-Reguler.

“Ada sekitar 522 orang tahanan Rudenim. Hanya 36 orang yang ditanggung negara, sisanya ditanggung oleh International Organization for Migration (red, IOM). Rata-rata Ir-Reguler terbanyak dari negara Afganistan dengan jumlah 350 orang,” ungkapnya.

Sementara terkait pernyataan dari Dubes Sri Lanka yang tak mampu memulang Kan Defan, masih kata Surya, disebab Kan Defan tersandung kasus yang sulit, maka dirinya berharap pengurusan pemulangnya melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bisa cepat terlaksana.

“Saya harap setelah pengurusan tertangani di Jenewa Swiss, Kan Defan bisa segera dipulangkan ke negara asalnya, jadi tak tertahan lama di Rudenim Kota Tanjungpinang,” ucapnya. (ADO)

326 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>