Published On: Rab, Mei 25th, 2016
                            

Kalkulator Biasa Beri Jawaban Salah untuk Soal Matematika Ini

kalkulator biasa. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kalkulator saat ini seperti sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian orang yang kerap berhubungan dengan hitung-menghitung. Pedagang tradisional, misalnya, kerap memakai alat ini untuk menghitung total nilai belanjaan dalam jumlah banyak.

Namun, untuk urusan soal matematika yang lebih kompleks, kalkulator biasa sebenarnya tak terlalu memadai. Ada contoh kasusnya, yang kerap menjadi bahasan para pencinta matematika, yakni soal berikut ini.

6 – 1 x 0 + 2 ÷ 2 = …

Bila langsung dimasukkan ke kalkulator biasa, maka akan didapat hasil akhir 1. Padahal jawaban itu keliru. Untuk mengetahui jawaban yang benar, lihat halaman berikut.

Kalkulator biasa salah memberi jawaban, karena ia mengabaikan prinsip aturan dasar operasi hitung, yakni, soal tanda yang harus dihitung lebih dulu dalam soal matematika.

Standar pengerjaannya adalah dengan urutan: dalam kurung, pangkat atau akar, perkalian dan pembagian, lalu penambahan dan pengurangan.

Jadi, bila mengikuti aturan itu, proses pengerjaan soal tersebut adalah sebagai berikut:

6 – 1 x 0 + 2 ÷ 2 = …
6 – (1 x 0) + (2 : 2) = …
6 + 0 + 1 = 7

Jadi, jawaban yang benar adalah 7, bukan 1 seperti ditunjukkan oleh kalkulator biasa. Namun untuk kalkulator didalam Handphone jenis Samsung Duos 2, kalkulator tersebut ketika dicoba oleh KepriDays.com bisa langsung menghasilkan hasil akhir 7 sesuai rumus matematika. (TIM REDAKSI)

533 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>