Published On: Kam, Jun 23rd, 2016
                            

Jokowi Tegaskan Perairan Natuna Milik Indonesia

Joko Widodo saat meninjau perairan Natuna dari KRI. Foto : Seskab
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Natuna, KepriDays.com – Usai Rapat Terbatas (Ratas) diatas KRI Imam Bonjol di Perairan Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (23/06) siang, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa perairan Natuna merupakan wilayah kedaulatan Republik Indonesia (RI).

Presiden pun meminta agar ekonomi di Pulau Natuna dikembangkan, terutama yang terkait dengan perikanan dan migas. “Masalah ekonomi dan masalah kedaulatan, itu saja. Jadi tadi saya pikir kita tidak ingin ada (yang) menganggu stabilitas keamanan di kawasan,” jelas Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan mengenai arahan Presiden Jokowi.

Sementara sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, sejak awal pemerintahan, Presiden Jokowi selalu menekankan pertama adalah perkembangan wilayah terluar harus diperhatikan dan menjadikan prioritas.

Kemudian kedua adalah mengenai kedaulatan dan hak berdaulat harus terus terpelihara dan terjaga. “Kali ini, perhatian Presiden ada di Pulau Natuna sebagai salah satu wilayah atau pulau terluar Indonesia,” ujar Retno.

Selain itu, Retno melanjutkan, Presiden juga meminta agar perkembangan ekonomi di wilayah Kepulauan Natuna dan sekitarnya dikembangkan, terutama untuk dua, yaitu perikanan dan migas.

“Saya sudah bicara dengan Pak Menteri ESDM dan diperoleh informasi bahwa di perairan sekitar Natuna terdapat sekitar 16 blok untuk migas, dimana 5 blok sudah berproduksi dan 11 blok sedang bereksplorasi,” kata Retno.

Sedang selain perkembangan ekonomi, Retno pun menambahkan, Panglima TNI menyampaikan mengenai rencana pengembangan pertahanan di wilayah Natuna dan sekitarnya. “Itulah yang dibahas dalam ratas tadi,” katanya. (Seskab/RNN)

369 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>