Published On: Ming, Okt 2nd, 2016
                            

Jepang jadi Acuan Percetakan Sawah Lingga

sawah-bukit-langkap. Foto : CR18
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Kabupaten Lingga saat ini tengah gencar melakukan pengembangan dalam sektor pertanian, sehingga mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat.

Bahkan upaya Bupati Lingga, Alias Wello, agar menjadikan Lingga sebagai lumbung pangan nasional berbuah manis. Pasalnya, Menteri Pertanian (Mentan) RI memberikan bantuan saat berkunjungan ke Lingga, Ahad (02/10) beberapa waktu lalu.

Menurut, I Gusti Made Kabau, Tim Ahli yang didatangkan langsung oleh Komandan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Cetak Sawah (PCS) Provinsi Kepri mengatakan, kelebihan Lingga yang mungkin bisa beriorentasi dengan negara Jepang.

Hal itu didasari dengan kondisi daerah Provinsi Kepri umumnya, dan banyak sekali lahan datar dengan sumber air yang melimpah. “Ini beda dengan di Bali, itu sulit. Saya memang ada program di Bali, tapi untuk menterjemahkan seperti Jepang itu sulit. Tapi di Lingga bisa,” ungkapnya.

Kemudian, dikatakanya lagi, untuk Lingga terus mengarahkan seperti pertanian negara Jepang. Percetakan sawah di Lingga, harus bisa menjamin ketersediaan air. Terkait hal itu merupakan mutlak yang harus dikerjakan, dan tidak dibebankan kepada petani.

“Lingga kan daerah baru mau dibuka. Saya ini kebetulan ada perwakilan dari Kementerian Pertanian. Saya pun minta supaya konsep ini disampaikan kepada Pak Menteri, karena ini memang tidak cukup kalau pemerintah daerah. Harus ada dukungan juga dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara diketahui saat ini, Lingga masih punya lahan perawan yang belum tersentuh. Jadi, lanjut dia, untuk memiliki hasil yang memenuhi sertifikasi, pada saat panen pertama sudah langsung bisa dilakukan sertifikasi.

“Saya hanya bisa memberikan saran, supaya bisa berlangsung dan berlanjut. Usaha ini kan harus benar-benar, artinya bahwa harga jual petani dengan biaya itu nyambung. Saya lihat dimanapun, mekanisasi jauh lebih efisien dari pada non mekanisasi kedepannya. Mekanisasi memang tidak bisa lahan kecil, harus lahan yang skalanya besar,” ungkapnya. (CR18)

450 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>