Published On: Kam, Apr 20th, 2017
                            

Jangan Sembarangan Hapus Tatto

Cara hapus tato
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dunia, KepriDays.com – Tatto bisa melambangkan cinta, persahabatan atau hanya dibuat untuk iseng-iseng belaka. Meskipun cinta dan persahabatan lama kelamaan akan memudar, tidak demikian dengan tatto.

Menghapus tatto tentu akan membutuhkan waktu yang panjang, biaya yang tak sedikit serta rasa sakit tak tertahankan.

Nah, kebanyakan orang yang memutuskan untuk menghapus tatto merupakan mereka-mereka yang justru pernah membanggakan tattonya tersebut. “Mereka yang menyesal kebanyakan membuat tatto saat masih muda atau setidaknya saat genap berusia 18 tahun,” jelas Bonnie Fissella, pemilik jasa penghapus tatto di Harrisburg Pike, Amerika Serikat dikutip dari Lancaster Online.

Selain itu, Fissella juga menambahkan, kebanyakan dari mereka tidak menyukai tattonya lagi karena seleranya telah berubah. Alasan lain mencakup menyesal pernah membuatnya, tidak dibuat pada tempat yang tepat serta syarat kerja.

Tiga dari sepuluh orang dewasa di Amerika Serikat terbukti memiliki tatto. Empat tahun yang lalu, hanya ada dua dari sepuluh orang dewasa yang memiliki tatto. Hal tersebut jelas mengalami kenaikan, meskipun tak signifikan.

Penelitian yang dilakukan oleh Harris pada tahun lalu menemukan bahwa sedikitnya setengah dari generasi millennials – generasi yang lahir pada rentang tahun 1980 hingga 2000an. Angka tersebut tentu jauh lebih besar dibandingkan dengan generasi X dan baby boomer – generasi yang lahir di atas tahun 1980.

Satu per empat dari data tersebut menyatakan bahwa mereka menyesal pernah membuat dan memiliki tatto.

“Saat ini, fenomena menghapus tatto tengah berkembang. Hal tersebut sebanding dengan pembuatan tato yang juga kian marak. Rasanya hampir di setiap sudut ditemukan gerai tato, jadi memang butuh tempat menghapus tato seperti ini,” ungkap Julie Kurek, yang baru saja mengapus tatto miliknya di Funk – jasa hapus tatto.

Fissella mengaku mulai membuka jasa hapus tatto, Disappearing Ink lima tahun lalu setelah seorang temannya bertanya mengenai hapus tatto. Lima tahun lalu, Fissella genap bergelut di dunia tatto selama 20 tahun, termasuk sulam alis dan eyeliner.

“Saya memiliki banyak pelanggan yang datang untuk sulam alis maupun eyeliner. Kebanyakan dari mereka juga mengeluhkan tatto yang pernah dibuatnya saat masih muda,” ujar Fissella.

Meskipun membuka jasa hapus tatto, jasa pembuatan tatto milik Fissella pun tetap berjalan hingga saat ini. Sambil menyelam minum air.

Banyak sekali alasan yang melatar belakangi orang untuk menghapus tatto. Sebagian ingin menghapus nama pasangan, sebagian lagi ingin menghapusnya karena erat kaitannya dengan anggota geng. Dan tidak sedikit pula yang memutuskan untuk menghapus tatto karena ingin berkarir.

Satuan Kepolisian Pennsylvania, Amerika Serikat melarang anggotanya yang kedapatan memiliki tatto untuk mengenakan seragam lengan pendek. “Memang tidak didiskusikan secara langsung oleh para atasan, namun departemen tersebut memiliki kebijakan sendiri,” ungkap Todd A. Graeff, mantan kepala kepolisian.

Dahulu, tatto akan dihapus dengan cara dipotong, dibekukan, diamplas atau menggunakan krim khusus. Laser menjadi pilihan paling populer untuk menghilangkan tatto. setidaknya, ada 46.000 orang yang menggunakan metode laser untuk menghilangkan tatto sejak 2011 lalu.

“Proses menghilangkan tatto sangat rumit dan butuh kesabaran. Kerumitannya terletak pada pola dan warna tatto itu sendiri,” terang Dr. Bruce Brod, profesor dermatologi di Universitas Pennsylvania. Lantas, bagaimana laser tersebut bekerja?

Laser menghapus tinta dengan memusatkan pada cahaya dari pigmen sebuah tatto. Energi akan menghasilkan panas, dimana panas tersebut akan memecah partikel pigmen. Partikel-partikel kecil akan dibersihkan oleh sel Brod yang juga bertindak sebagai vacuum cleaners – penyedot debu sekaligus mampu melewati kelenjar getah bening dalam tubuh.

Targetnya merupakan si tatto itu sendiri, bukan pigmen alami kulit. Proses menghapus tato akan lebih sulit dilakukan pada pasien dengan warna kulit gelap. Bagaimana rasanya? Fissella membandingkan sensasi laser dengan terkena cipratan minyak panas saat menggoreng. Di sisi lain, Kurek menggambarkan rasa sakit laser seperti terkena jepretan karet gelang. “Sakitnya hanya sesaat, setelah itu langsung diberi krim pereda,” ujar Kurek.

Untuk menghapus sebuah tatto dibutuhkan enam sesi, mulai dari tempat tatto dibuat, warna serta ukuran tatto tersebut. Tatto dengan detail rumit khas seniman tatto akan membutuhkan waktu cenderung lebih lama. Setiap sesi membutuhkan 30 hingga 60 menit, dengan rentang waktu lima sampai 30 menit berada di bawah sinar laser.

Namun, tidak semua tatto dapat hilang, ada beberapa yang meninggalkan bekas. Fissella mengatakan pada anak-anaknya untuk menunggu hingga usia 20an jika ingin membuat tatto. Fissella juga menambahkan “Apa yang kamu sukai di usia 18 tahun, akan jauh berbeda pada saat usia 28 tahun. Dan apa yang kamu sukai saat usia 28 tahun mampu membuatmu bertanya ‘Apa yang telah aku pikirkan saat membuat tato ini?’” (TIM REDAKSI)

700 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>