Published On: Rab, Okt 5th, 2016
                            

Intip Cara Seharusnya Pasangan Muda Kelola Keuangan

Uang Rupiah. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Mengelola keuangan sejak dini menjadi hal yang penting dilakukan setiap individu manusia, mau jenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Namun cara pengelolaan keuangan ketika sudah menikah tentu berbeda, apalagi bagi pasangan muda yang baru ingin mulai melangkah ke pelaminan dan hendak mengatur keuangan untuk memulai kehidupan bersama.

Sedangkan tanpa perencanaan keuangan yang baik, maka dapat menjadi awal mula dari berbagai permasalahan, pertengkaran dan bahkan keretakan keharmonisan hubungan dengan pasangan.

Maka dari itu, pengelolaan keuangan yang bijak menjadi hal yang penting diterapkan, seperti dirangkum KepriDays.com dari berbagai sumber. Yuk intip cara kelola keuangan untuk pasangan muda.

Pertama, yaitu, saling terbuka.

Menjalin komunikasi yang baik bersama pasangan dan saling terbuka dengan kondisi keuangan, baik dalam segi pendapatan maupun pengeluaran.

Komunikasi yang baik menjadi cara setiap pasangan dalam mendiskusikan berbagai hal seputar keuangan. Termasuk hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengambil keputusan terkait keuangan.

Kedua, yakni, menabung bersama.

Cara bijak yang dapat dilakukan untuk mengelola uang bagi pasangan muda adalah menabung bersama. Ini dapat dijalankan dengan membuka tabungan atau akun bersama sehingga setiap bulannya, pendapatan yang diperoleh dapat disisihkan untuk disimpan dalam tabungan yang sudah disiapkan.

Sewaktu-waktu diperlukan, tabungan ini dapat bermanfaat digunakan untuk berbagai transaksi dan pembayaran penting. Ini juga menjadi langkah awal untuk menyiapkan dana cadangan sewaktu-waktu menghadapi kondisi darurat.

Ketiga, yakni, mengetahui kebutuhan pengeluaran pasangan sehari-hari.

Dengan ini, pasangan muda yang ingin menyiapkan strategi finansial yang baik dapat mengatur keuangan sesuai kebutuhan pengeluaran sehari-hari. Bersama itu, turut memudahkan pembuatan laporan keuangan untuk memantau kondisi finansial secara berkala.

Sementara yang keempat, yakni, dengan cara membangun strategi keuangan yang baik.

Setiap pasangan muda tentu ingin memiliki kesempatan memanfaatkan pengeluaran untuk membeli berbagai kebutuhan primer ataupun keperluan yang bersifat sekunder dan tersier. Namun tentunya tak boleh lupa dengan pengeluaran wajib berkala seperti air, listrik maupun angsuran-angsuran yang masih harus dibayar secara berkala setiap bulan.

Dengan strategi yang cermat, maka pasangan mudah dapat mempermudah pengaturan keuangan dan menentukan besar biaya yang perlu disisihkan setiap bulan untuk hal-hal seperti ini.

Termasuk pula mengetahui sistem pembayaran yang mudah untuk menekan biaya pengeluaran yang tidak diperlukan. Seperti melakukan pembayaran listrik PLN, kartu kredit, telepon, tabungan, PDAM, asuransi hingga tv berlangganan melalui Pospay di PT. Pos Indonesia yang menyediakan berbagai layanan pembayaran tagihan. (TIM REDAKSI)

246 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>