Published On: Ming, Mei 22nd, 2016
                            

Internet Bikin Mahasiswa Malas Baca Buku

Pengguna Internet. Foto : Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bangkalan, KepriDays.com – Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bangkalan Sudardjo, mengkritik mahasiswa agar jangan terlena dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi.

Menurut dia, saat ini kebanyakan mahasiswa dalam mencari referensi untuk kepentingan studinya tidak lagi pergi ke perpustakaan untuk membaca buku. Dengan kemajuan teknologi, mahasiswa cukup mencari bahan tulisan di internet.

“Padahal akurasi data yang dihimpun belum tentu valid,” katanya, Ahad (22/05) seperti dikutip dari Tempo.

Karena itu, ucap Sudardjo, momen Hari Buku Nasional harus dijadikan bahan introspeksi mahasiswa sebagai kaum akademikus untuk tidak candu Internet dan tetap membudayakan baca buku, karena data dalam buku lebih bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya.

“Teman paling baik sepanjang masa adalah buku,” ujarnya.

Sumartini, mahasiswa STKIP Bangkalan, sependapat. Sumartini mengakui, dia dan teman-temannya kini lebih mengandalkan Internet untuk mencari materi pelajaran. “Ini momen yang tepat untuk mahasiswa kembali merenungkan pentingnya membaca buku,” tuturnya.

Mustafa, mahasiswa lain, bahkan mengatakan, tidak hanya pelajaran untuk membuat skripsi pun mahasiswa mengunduh di Internet. Mereka tinggal mencari bahan yang mirip dengan judul skripsi yang diajukan. “Kalau bahan sudah dapat, tinggal ubah di sana-sini, jadilah skripsi,” ucap dia. (TIM REDAKSI)

220 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>