Published On: Sen, Jan 16th, 2017
                            

Ini Tips Supaya Diabetes Tak Komplikasi

Img 0823.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Diabetes adalah suatu penyakit atau kondisi kadar gula darah seseorang tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya hormon insulin yang menurunkan kadar gula darah dalam tubuh atau insulin yang ada tidak bekerja dengan baik.

Diabetes ini akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan sejak personel Project Pop, Mochamad Fachroni alias Oon, meninggal dunia pada Jumat pagi, 13 Januari 2017, di Bandung.

Oon meninggal karena menderita penyakit diabetes yang menyebabkan komplikasi dan merusak fungsi beberapa orang tubuhnya, seperti jantung, ginjal, dan hati.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Endokrin, Metabolik, dan Diabetes (SpPD-KEMD) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Wismandari Wisnu mengatakan, diabetes memang dapat menyebabkan komplikasi, seperti jantung koroner, stroke, luka sulit sembuh hingga diharuskan amputasi, kebutaan, gagal ginjal, impotensi, dan lelainan saraf.

“Itu komplikasi jangka panjangnya,” kata Wismandari yang juga berdinas di Rumah Sakit Pondok Indah, dikutip dari Tempo.

Wismandari menjelaskan, saat ini diabetes belum bisa disembuhkan. Akan tetapi dapat dikontrol dengan baik dan hidup sehat.

“Tatalaksananya adalah dengan edukasi, pola makan, olahraga, dan obat-obatan,” ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Tatalaksana diabetes ini bertujuan untuk mencegah komplikasi. “Kalau tatalaksananya baik, dalam hal ini kontrol gula darah, darah tinggi dan kolesterolnya baik, maka komplikasi bisa dicegah,” kata Wismandari. (TIM REDAKSI)

762 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>