Published On: Jum, Jan 6th, 2017
                            

Ini Cara Mentan Jaga Inflasi di 2017

Img 0619 1.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jakarta, KepriDays.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Desember 2016 terjadi inflasi sebesar 0,42 persen, menurun dari November 2016 yang mencapai 0,47 persen.

Sementara inflasi pada tahun kalender (Januari-Desember 2016) mencapai 3,02 persen. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, bahwa stok pangan masih aman untuk beberapa bulan ke depan.

Sehingga dia optimis inflasi masih akan terjaga di 2017, mengingat bahan makanan sebagai salah satu penyebab inflasi tinggi masih terkendali.

“Stok pangan aman. Tidak perlu impor, masih cukup. Arahannya Pak Presiden dan Pak Menko Perekonomian distribusinya kita perbaiki,” kata Amran, Kamis (5/1) kemarin, dikutip dari beberapa media nasional.

Dia menjelaskan, agar inflasi di 2017 stabil, maka ada beberapa hal yang akan dilakukannya. Seperti memutus rantai pasok, meningkatkan produksi, dan meningkatkan stok.

“Caranya bagaimana? Produksinya kita tingkatkan. Produksi bawang, beras, komoditas kita optimis,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan ada 10 komoditas yang memberikan andil dominan terhadap inflasi nasional selama tahun 2016, seperti cabai merah dengan andil sebesar 0,35 persen.

Menurutnya, gejolak dari harga cabai di Indonesia harus selalu menjadi perhatian dari pemerintah.

“Meskipun cabai merah mengalami deflasi, namun komoditas yang perlu mendapat perhatian di Desember ini adalah cabai rawit,” kata Suhariyanto. (TIM REDAKSI)

262 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>