Published On: Sel, Mei 17th, 2016
                            

Ini Cara Maksimalkan Potensi Anak

ilustrasi membaca buku. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Setiap orang tua menginginkan anak mereka tumbuh dengan optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Melalui kampanye “One Step Ahead” , Nutrilon Ahead mengajak para ibu bagaimana menciptakan seorang anak yang selangkah lebih maju dengan menjadi ‘One Step Ahead Mum’.

Ada 4 hal penting yang harus dilakukan orang tua agar menjadi orang tua yang selangkah lebih maju diantaranya sebagai berikut.

1) Mengenali potensi anak.

Menurut psikolog anak, Ajeng Raviando, kebanyakan ibu bertanya bagaimana cara memngenali potensi atau minat anak. “Tidak mudah mencari tahu potensi anak. Setiap orang tua harus observasi, perlu kejelian, kepekaan serta wawasan mengenai minat dan bakat,” terang dia di Hotel Pullman, Kamis, 12 Mei 2016.

Salah satu caranya, ia melanjutkan adalah dengan melihat gaya belajar anak apakah ia seorang tipe visual atau kinestik. “Kalau sudah tahu bagaimana tipe belajar anak, maka kita akan lebih mudah mengajarkan sesuatu pada anak kita,” kata dia.

2) Melakukan perencanaan di masa depan.

Salah satu praktik perencanaan masa depan untuk anak adalah memberikan pendidikan formal dan nonformal. Tak hanya itu, dalam menjalani proses pendidikannya, orang tua juga harus senantiasa mendampingi anak.

Sementara itu, pemilihan tempat pembelajaran atau sekolah juga patut diperhatikan. “Cari tahu bagaimana sistemnya, cocon enggak sama gaya belajar anak kita, cocok enggak kurikulumnya,” ujar Ajeng.

Lebih lanjut, ia menganjurkan agar orang tua memperhatikan lokasi sekolah. “kalau anak usia SD, faktor yang harus diperhatikan itu lokasi sekolah. Sebaik apapun sekolahnya, kalau terlalu jauh tidak akan baik untuk perkembangan,” tambah ibu dua orang anak ini.

3) Perencanaan Finansial.

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah perencanaan keuangan. Dalam kesempatan yang sama seorang ahli perencana keuangan, Ligwina Hananto mengatakan kunci dari keberhasilan dalam memberikan sesuatu yang terbaik bagi adalah konsistensi.

“Dalam memilih sekolah harus desuai dengan kemampuan finansial kita. Jangan sampai ditengah-tengah malah putus dan pindah sekolah,” ujar dia. Tak hanya akan mengganggu keadaan ekonomi atau finansial keluarga, hal ini juga sudah pasti mengganggu keadaan psikologis anak karena tiba-tiba harus berada dalam lingkungan yang baru.

Ia juga mengingatkan agar setiap orang tua merencakanan keuangan pendidikan sefleksibel mungkin. “Isunya bukan lagi masalah sekolahnya, tapi nominalnya berapa,” katanya.

4) Pemberian Nutrisi dan Stimulasi.

Langkah penting keempat untuk mengoptimalkan potensi anak adalah dengan memberikan nutrisi, stimulasi serta kasih sayang kepada anak.

“Salah satu yabg harus diperhatikan adalah asupan anak yaitu memastikan bahwa asupan anak sudah mendapatkan nutrisi yang seimbang. Pemberian nutrisi yang baik akan berdampak positif pada kesehatab, perkembangan otak, daya tahan tubuh (imunitas) dan pertumbuha anak sehingga anak dapat memaksimalkan potensinya dengan baik,” tutup Rini. (TIM REDAKSI)

165 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>