Published On: Sen, Okt 10th, 2016
                            

Ini Cara Deteksi Dini Kebutaan

cegah-kebutaan-dini. Foto : Ist/net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Wakil Ketua Komite Mata Nasional Aldiana Halim memiliki cara sederhana untuk mengecek gangguan penglihatan pada seseorang. Orang awam ternyata bisa mendeteksi kebutaan pada mata.

“Berdiri di jarak tiga meter, lalu meminta orang lain menghitung jari,” kata Aldiana di Kementerian Kesehatan, Jakarta, seperti dikutip dari Tempo.

Menurut Aldiana, apabila pada jarak tiga meter seseorang tidak bisa melihat hitungan jari, maka orang tersebut menderita kebutaan atau gangguan penglihatan. Namun masyarakat tidak perlu takut, karena kacamata adalah salah satu solusi yang mudah menolong gangguan penglihatan.

Aldiana mengatakan, saat ini terdapat 285 juta orang dengan gangguan penglihatan di dunia. Sementara sebanyak 39 juta orang mengalami kebutaan. Selain itu sebanyak 90 persen gangguan penglihatan terjadi di negara berkembang.

Aldiana mengatakan sebetulnya 80 persen gangguan penglihatan bisa tidak mengakibatkan kebutaan. Sebab, kebutaan bisa dicegah dan dihindari.

Dokter spesialis mata Ari Djatikusumo mengatakan, para orang tua bisa mencegah potensi kebutaan dengan memeriksa kesehatan mata anak saat usia di bawah 10 tahun.

Sebab, usia di bawah 10 tahun merupakan usia pertumbuhan anak, termasuk penglihatan mereka. Kemudian, pemeriksaan mata juga dilakukan saat seseorang berada di usia 40 tahun.

Selain itu, cara menjaga kesehatan mata pun mudah. Ari mengatakan bagi seseorang yang sering bermain gadget atau sering menatap layar, maka diusahakan memiliki waktu yang cukup untuk mengistirahatkan mata.

Cara yang bisa dilakukan adalah memandang ke area lapang dan terbuka. Sehingga otot mata bisa rileks. (TIM REDAKSI)

274 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>