Published On: Jum, Okt 30th, 2015
                            

Ini Cara Atasi Nyeri Leher

ilustrasi nyeri leher. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Nyeri leher ketika bangun tidur banyak penyebabnya. Bisa karena keseringan didepan komputer, sering menonton televisi sambil tiduran atau bermain gadget sambil tiduran.

Bisa juga karena kebiasaan menggunakan bantal yang terlalu tinggi. “Kadang-kadang bangun tidur leher sakit. Tapi kami harus lakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu, gerakan leher dan kepalanya full tidak. Kami juga periksa otot, sendinya atau justru bantalannya,” ujar dr Ade Sri Wahyuni, SpRM dikutip dari media nasional beberapa waktu lalu.

Selain itu, Ade menambahkan apakah sakitnya pada otot, sendinya atau bagian lainnya akan kelihatan dari pemeriksaan fisik. “Karena itu kami akan tanya sampai detil sampai kebiasaannya. Semua akan kelihatan dari hasil rontgen,” kata Ade.

Kalau ternyata hanya karena masalah ototnya saja yang over stretch akibat salah tidur. Atau karena cuma ototnya, tindakan bisa sangat minimal. Lakukan edukasi. Kemudian dibantu dengan alat-alat modalitas misalnya pemanasan dalam, agar membantu si otot lebih lemas dan bisa relaks.

Bahkan, kata dia, pasien juga harus melakukan peregangan khusus. Paling tidak dua jam sekali lakukan selama lima menit saja. “Jika hanya dikretek-kretekin leher salah. Rutin tidak bisa cuma saat sakit,” ujarnya.

Anda juga harus mobile, tidak bisa statis, terus bergerak. Kalau bangun dari duduk lakukan peregangan otot. Sebab saat bangun duduk ada otot yang mandek dan regang kalo dibiarkan tidak seimbang dalam waktu lama bisa timbulkan masalah dari paling ringan sampai terberat.

Lalu yang terpenting adalah latihan. Latihan ini 70 persen paling penting agar lebih relaks. Otot kembali baik. Setelah itu kembali lakukan edukasi. Jika Anda tidak lakukan peregangan, tidak ubah postur, juga tidak olahraga, maka ke depannya masalahnya bisa muncul lagi. Selain itu, pola hidup juga harus benar, harus diubah.

“Misalnya terbiasa tidur dengan bantal tinggi. Ubahlah gunakan hanya satu bantal saja. Ganjal kepala sampai bagian bahu, jangan hanya kepala karena akan mengganggu postur kelengkungan leher akan berubah,” ungkapnya. (TIM REDAKSI)

247 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>