Published On: Rab, Okt 28th, 2015
                            

Ini Cara Alami Lawan Kolesterol Berlebih

ilustrasi perut Buncit. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Jumlah kolesterol yang seimbang dalam tubuh memegang peranan penting untuk produksi hormon, seperti, estrogen, testosteron, progesteron, aldosteron dan kortison.

Hal ini juga menghasilkan asam empedu yang membantu pencernaan dan penyerapan vitamin. Selain itu, kolesterol juga membantu mengatur jumlah air dan retensi garam dalam tubuh, dan dikenal juga untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi memori.

Kolesterol merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Kabar buruknya, kelebihan kolesterol dalam tubuh dapat membuatnya menumpuk pada aliran darah. Hal ini dapat berakibat pada beberapa masalah kesehatan seperti peradangan, stress dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Nah, untuk menghindari itu Anda bisa mencoba untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara alami dibawah ini.

1. Minyak esensial serai.

Minyak esensial serai telah terbukti secara klinis dapat menurunkan kolesterol. Minyak esensial serai adalah salah satu minyak esensial anti-mikroba yang efektif. Serai mengandung berbagai zat penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh, yang juga berperan sebagai analgesik dan anti-inflamasi.

2. Minyak atsiri cengkeh.

Cengkeh (Syzygium aromaticum) juga dikenal dengan anti-infeksi, analgesik, dan anti-inflamasi. Cengkeh juga memiliki anti oksidan terbesar dari berbagai jenis minyak esensial. Minyak esensial yang aktif terdapat dalam cengkeh adalah eugenol yang berfungsi sebagai inhibitor platelet efektif, mencegah penggumpalan darah.

3. Magnesium.

Magnesium mengaktifkan lebih dari 300 reaksi biokimia yang berbeda dan diperlukan tubuh pastinya. Kekurangan magnesium dalam tubuh akan memicu kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Dr. Carold Dean mengatakan bahwa magnesium bergerak sebagai statin alami yang berfungsi untuk mengontrol jumlah produksi kolesterol.

Anda bisa mendapatkan kandungan magnesium dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian, ikan, kacang kedelai dan alpukat.

4. Vitamin C.

Vitamin C adalah antioksidan yang berfungsi membantu mengurangi peradangan. Vitamin C membantu membersihkan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C memicu enim yang mampu memecah kolesterol dan trigliserida menjadi asam lemak bebas.

Proses ini juga membantu mencegah deposit lemak yang menempel di sinding arteri.

5. Minyak esensial kayu manis.

Komponen utama kayu manis adalah cinnamaldehyde, karet, tanin, manitol dan kumatrin. Minyak esensial yang dikenal dengan nama aldehida, eugenol dan pinene.

Studi terbaru menemukan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh kayu manis dapat mengurangi 20 gula darah, kolesterol dan trigliserida.

6. Bluberry.

Blueberry dikenal dapat membantu menjaga kesehatan arteri. Bluberry memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi fungsi kardiovaskular. Bluberry juga mengandung pterostilbene yang berfungsi menurunkan kolesterol.

7. Minyak kelapa.

Studi terbaru datang dari negeri Jiran yang menemukan bahwa minyak kelapa berpotensi mengurangi rasa sakit dan peradangan. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang memiliki anti-inflamasi. Asam laurat telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah (HDL). (TIM REDAKSI)

226 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>