Published On: Ming, Jun 28th, 2015
                            

Ini Alasan Anda Tidak Kaya Padahal Gaji Besar

Uang Rupiah. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Menjadi kaya dan hidup berkecukupan tidak hanya tergantung dari berapa besar gaji atau uang yang bisa Anda hasilkan. Di luar itu, untuk menjadi kaya membutuhkan keahlian dalam mengelola keuangan sendiri.

Walaupun bergaji besar tapi tidak bisa mengelola uang, maka dapat dipastikan Anda tidak akan menjadi kaya sampai kapan pun. Survei terbaru yang dikeluarkan SunTrust Banks, di Amerika saja banyak penduduknya yang tidak ahli dalam mengelola keuangan sendiri.

Bahkan banyak dari mereka yang terjebak dalam pengeluaran besar yang akhirnya membuat mereka selalu miskin. Padahal pendapatan mereka jauh di atas garis kemiskinan. Mereka bisa mengantongi USD 75.000 atau sekitar Rp. 999 juta dalam setahun. Tapi gaji besar tersebut, selalu habis untuk hidup.

Survei ini juga mengungkap, bahwa 73 persen orang Amerika mempunyai kurang dari USD 1.000 dalam tabungan mereka. Kondisi ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, kenapa orang berpenghasilan tinggi masih saja miskin?

GoBankingRates mencoba mencari jawaban ini dengan menanyakan pada 23 ahli keuangan pribadi di Amerika. Mereka menanyakan masing-masing ahli keuangan dengan pertanyaan yang sama. Jawaban ahli keuangan ini tidak hanya untuk masyarakat Amerika, namun untuk masyarakat dunia yang mempunyai masalah dalam mengelola keuangan.

Dilansir dari Huffington Post, berikut alasan kenapa Anda masih akan tetap miskin meski mempunyai gaji yang cukup tinggi atau besar.

1. Tidak punya tabungan prioritas.

Memiliki tabungan prioritas merupakan salah satu cara untuk memajukan kehidupan dan keuangan di masa depan. Selama Anda tidak punya ini, maka sudah bisa dipastikan Anda tidak akan kaya meski mempunyai gaji besar.

Pakar keuangan pribadi dari PT Money, Philip Taylor mengatakan, Anda akan selalu merasakan stagnasi pada sektor keuangan ketika Anda tidak menyimpan untuk diri Anda sendiri, meskipun Anda mempunyai pekerjaan yang baik.

“Jadi, ketika Anda dibayar, pastikan Anda menyimpan untuk beberapa dolar. Ini untuk masa depan Anda,” kata Philip.

Philip menyarankan agar membuat tabungan prioritas dan mengambil otomatis pada setiap periode dari uang yang Anda dapatkan. “Anda akan maju secara financial dengan membuat tabungan prioritas itu,” kata dia.

2. Tinggal di tempat yang mahal.

CEO Student Loan Hero, Andy Josuweit mengatakan, mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membayar kontrakan atau menyewa rumah adalah salah satu alasan terbesar Anda selalu mengalami kesulitan keuangan.

Menurut Andy, lebih baik pertimbangkan untuk pindah ke tempat yang lebih kecil dan tidak menghabiskan uang terlalu banyak. “Ini adalah penyakit orang-orang yang mempunyai pendapatan di atas rata-rata, dan akhirnya menghabiskan terlalu banyak uang untuk membayar sewa rumah,” kata Andy.

Menurut Andy, dalam perencanaan keuangan yang sehat, Anda harus mencoba pengeluaran untuk bayar sewa harus di bawah 20 persen penghasilan.

3. Tidak punya rencana keuangan.

Tidak mempunyai perencanaan keuangan merupakan alasan utama kenapa Anda akan terus miskin. “Sangat mudah untuk berharap bahwa akan ada uang yang tersisa pada akhir bulan. Tapi berkali-kali uang habis di tengah jalan,” ucap Elle Martinez dari Couple Money.

Untuk mengendalikan perilaku dan melawan kebiasaan belanja yang buruk, Elle menyarankan, agar membuat simpanan otomatis. Dengan kata lain, uang Anda akan disimpan dalam tabungan secara otomatis jika Anda menerima penghasilan.

“Ini akan melindungi Anda dalam keadaan darurat, selain itu Anda juga akan mempunyai dana pensiun,” katanya.

4. Tidak tahu uang dipakai untuk apa.

Ahli keuangan dan juga penulis, Donna Freedman mengatakan, masalah keuangan terbesar yang pernah dia lihat adalah ketika orang tidak punya sistem anggaran, dan hanya hidup dari gaji ke gaji setiap bulannya. Dalam kondisi ini, setiap penghasilan yang didapat akan habis tanpa tahu guna dan tujuannya.

Menurut Donna, Anda lebih baik secepatnya membuat tabungan darurat atau tabungan pensiun. Anda harus membuat sistem anggaran tunai untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk liburan. Sisa dari penghasilan yang telah disisihkan untuk kebutuhan keseharian harus di tabung.

“Ketika Anda mempunyai cukup uang untuk menangani semua kebutuhan Anda dan beberapa keinginan Anda. Kemudian ditambah mempunyai dana darurat dan pensiun. Maka Anda dapat tidur nyenyak malam ini,” kata Donna.

5. Tidak bisa pisahkan antara keinginan dan kebutuhan.

Pakar keuangan pribadi, Grayson Bell mengakui, rata-rata masyarakat dunia tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kebanyakan orang menggunakan kata ‘butuh’ untuk segala sesuatu yang mereka beli. Kata butuh terkadang mengharuskan seseorang untuk menghabiskan uang.

“Anda mungkin butuh mobil untuk transportasi, tetapi anda hanya ‘ingin’ untuk model yang mewah. Mental seperti ini membuat kita hancur secara keuangan,” ucap Grayson.

6. Mencoba kaya dengan cepat.

Pendiri Money Smart Guides, Jon Dulin menyebutkan, terlalu banyak orang yang ingin kaya mendadak dan keluar dari kemiskinan. Namun mereka tidak menyadari cara yang dilakukan terkadang malah mengubur mereka dalam kemiskinan.

“Kebanyakan orang ingin kaya membeli saham panas, mempunyai banyak ide bisnis dan mengejar gagasan itu dan ingin kaya dalam semalam. Sayangnya itu semua tidak bekerja,” kata Jon.

Sebab menurut Jon, jika ingin kaya harus bekerja keras. “Tidak ada keberuntungan tanpa kerja keras,” katanya.

8. Banyak pengeluaran dari pemasukan.

Pendiri Side Hustle Nation, Nick Loper mengatakan, akar penyebab yang membuat semua orang selalu miskin adalah sama, yaitu lebih banyak pengeluaran dari pada pemasukan.

“Sejauh yang saya tahu, inilah satu-satunya penyebab bangkrut dan selalu miskin,” kata Nick.

Menurut Nick, mengatasi masalah ini bisa dari dua sisi. Pertama adalah dengan bekerja keras dan mendapatkan uang lebih banyak, sehingga Anda memiliki ruang untuk bernapas. Selain itu juga bisa memotong pengeluaran,” ucapnya. (TIM REDAKSI)

339 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>