Published On: Kam, Jan 5th, 2017
                            

Indonesia Hentikan Kerja Sama Militer dengan Australia

Img 0601 1.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jakarta, KepriDays.com – Indonesia menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australia. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Wuryanto mengatakan, penghentian sementara kerja sama itu disebabkan oleh faktor-faktor teknis.
“Terkait hubungan kedua angkatan bersenjata ini perlu adanya penyempurnaan, perlu ada perbaikan-perbaikan supaya lebih bagus,” kata Wuryanto dikutip dari Tempo.
Selain itu, Wuryanto menuturkan, kerja sama militer kedua negara mestinya saling menguntungkan, memberikan manfaat, saling menghormati, serta menghargai.
Namun, setelah dievaluasi, kesetaraan yang diharapkan masih kurang tercapai. “Hal-hal itu ada yang kurang dan perlu diperbaiki,” ujarnya.
Sedangkan Wuryanto tak menjelaskan detail kerugian yang dirasakan oleh militer dalam kerja sama tersebut. Ia mengatakan hal teknis yang perlu diperbaiki itu terlalu banyak dan bukan untuk konsumsi publik.
Surat pemberitahuan penghentian kerja sama militer dilayangkan ke pemerintah Australia pada 9 Desember 2016.
“Tapi ini sudah direspons oleh angkatan bersenjata Australia dan mereka akan segera memperbaiki hal tersebut,” kata Wuryanto.
Menurut dia, kerja sama bisa kembali dilakukan sampai hal-hal teknis yang ia sebutkan sebelumnya diperbaiki oleh otoritas Australia.
“Nanti kami akan berbicara lagi untuk melanjutkan kerja sama itu.”
Sementara dilansir dari ABC, kerja sama militer Indonesia dan Australia ini dihentikan sementara setelah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlatih bersama pasukan komando Australia di salah satu tempat pelatihan militer di Perth.
Seorang instruktur Kopassus merasa ada materi dalam pelatihan itu yang menghina Indonesia. Menurut instruktur itu, materi itu merendahkan lima dasar negara Indonesia, Pancasila.
Kepala Angkatan Darat Australia Letnan Jenderal Angus Campbell meyakinkan, bahwa Australia tidak merekomendasikan adanya materi tersebut. Dalam sebuah pernyataan, Senator Payne mengatakan, Angkatan Darat telah menganggap ini hal serius. Penyelidikan pun tengah dilakukan.
Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengatakan, Australia berkomitmen untuk membangun hubungan pertahanan yang kuat dengan Indonesia. Sehingga pihaknya segera memulihkan hubungan kerja sama dengan Indonesia.
“Australia berkomitmen untuk membangun hubungan pertahanan yang kuat dengan Indonesia, termasuk melalui kerja sama dalam pelatihan. Kami akan bekerja untuk mengembalikan kerja sama dengan Indonesia sesegera mungkin,” kata Payne. (TIM REDAKSI)

231 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>