Published On: Sel, Jun 16th, 2015
                            

Hari Ini Pemerintah Gelar Sidang Isbat

fenomena-langit. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kementerian Agama bakal menggelar sidang isbat guna menentukan dimulainya awal Ramadan 1436 Hijriah atau 2015 Masehi, Selasa (16/6) hari ini.

Sidang akan digelar di Gedung Kementerian Agama Jakarta, Jalan Muhammad Husni Thamrin. “Besok sidang isbat, kita undang ulama, pimpinan ormas dan pakar astronomi untuk musyawarah guna melihat perhitungan hisab dari masing-masing kita,” kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, seperti dikutip dari Setkab RI.

Lukman mengatakan, sidang isbat itu akan dimulai setelah waktu salat Ashar, dan istirahat sejenak bagi peserta sidang untuk menunaikan salat Maghrib. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan hasil melihat bulan atau rukyat, dari para petugas yang didelegasikan mengamati munculnya bulan baru.

“Kalau ada yang melihat hilal, maka besoknya (red, Rabu) kita masuk bulan Ramadhan. Tapi kalau besok sore (red, Selasa) mereka tidak melihat hilal, maka sya’ban digenapkan menjadi 30 hari sehingga awal Ramadan baru lusa (red, Kamis),” kata Lukman.

Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Machasin mengatakan, sidang isbat penentuan 1 Ramadan akan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB. Sidang tersebut akan diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1436 Hijriah.

Menurut Machasin, adapun proses sidang isbat dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib, setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

“Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka,” tandas dia. (TIM REDAKSI)

198 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>