Published On: Sel, Jun 23rd, 2015
                            

Handphone Ilegal Dominasi Pasar Tanjungpinang

Tumpukan Handphone. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pasaran handphone yang diduga ilegal mulai mendominasi di Tanjungpinang. Adapun hal tersebut, membuat masyarakat meminta aparat penegak hukum dan instansi terkait bertindak tegas.

Sebab hal ini bisa merugikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungpinang, dikarenakan tidak kenanya pajak barang mewah yang sudah diatur oleh negara Republik Indonesia.

Menurut Sekretaris Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Hitam Putih, Rahmat Putra, hal ini harus segera diberantas. Karena melihat tidak adanya tindakan dari pihak Bea Cukai dan Kepolisian, pihaknya mendesak pemerintah daerah untuk melakukan tindakan.

“Negara sangat dirugikan dengan beredarnya HP ilegal, karena di pasok tanpa membayar pajak dan kelengkapan administrasi dan persyaratan lainnya,” ujarnya geram, Selasa (23/06) kepada KepriDays.com.

Kemudian dikatakannya lagi, saat ini hampir seluruh Toko Handphone atau Ponsel di Kota Tanjungpinang, diduga menjual barang tersebut. Bahkan barang yang diduga produksi dari negara China itu, dapat meniru bentuk dan jenis merek ponsel lainnya di pasaran.

“Kalau dilihat sekilas tak ada perbedaannya ponsel tiruan (red, ilegal) dengan aslinya. Tapi hal itu bisa diketahui dari garansi yang diberikan. Kalau asli biasanya garansi pabrik, sedangkan tiruan dan ilegal itu hanya garansi toko yang mana paling lama masa garansi yang diberikan hanya satu bulan,” jelasnya.

Namun, lanjut dia, jika aparat penegak hukum di Kota Tanjungpinang tidak mengambil tindakan, pihaknya mencurigai ada sesuatu hal yang disembunyikan sehingga terkesan membiarkan barang ilegal tersebut beredar di Tanjungpinang.

“Jangan sampai masyarakat menilai ada oknum aparat yang ikut bermain dibelakang praktek peredaran barang yang dinilai tidak bercukai itu, sehingga tidak ada upaya yang dilakukan untuk memberantas peredarannya. Padahal hal seperti ini adalah hal besar, karena dapat merugikan keuangan negara,” ungkapnya dengan nada suara serius. (RNN)

778 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>