Published On: Kam, Apr 16th, 2015
                            

Dua TKI-B Dipulangkan Dalam Keadaan Baru Melahirkan

TKI-B saat dideportasi. Foto: Ado
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sebanyak dua orang Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKI-B) dipulangkan dalam keadaan baru melahirkan dari Pelabuhan Stulang Laut Malaysia ke Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang, Kamis (16/4) sekitar pukul. 16.40 Wib.

Adapun 2 orang TKI-B tersebut, yakni, Sahni (25) dan Zulia (30) yang tertangkap oleh Polis Diraja Malaysia dikarenakan tidak memiliki pasport saat berada di Malaysia.

“Saya ditangkap polis waktu ukur dengan suami saya saat bekerja di perkebunan sawit, waktu itu saya dalam keadaan hamil, dan saya melahirkan di dalam penjara, anak saya bernama M. Khairil baru berusia seminggu, saya kabur dari majikan saya karena tidak dibayar gaji selama 3 bulan dan waktu saya kabur lupa membawa pasport,” ucapnya kepada KepriDays.com.

Selain itu, Sahni mengaku, tidak akan kembali lagi bekerja di Malaysia, dan ingin kembali ke kampung halamannya didaerah Lombok untuk mengurusi anaknya yang baru lahir tersebut. “Saya mau ngurus anak saya saja, sambil menunggu suami saya pulang dari Malaysia,” ujarnya polos.

Sedangkan Zulia (30) yang berasal dari Jawa Timur mengaku tertangkap Polis Diraja Malaysia saat melahirkan anaknya di Hospital daerah Kuala Lumpur. Sebab pasportnya telah habis limit, dan kemarin hanya menggunakan visa pelancong.

“Saya waktu melahirkan di hospital dokter menanyakan persyaratan untuk administrasi, setelah tahu bahwa pasport saya mati, dokter tersebut menghubungi polis,” jelasnya.

Sementara ketika di Malaysia, Zulia menjelaskan, dirinya telah setahun bekerja di sebuah kedai, kalau suaminya sudah dipulangkan atau deportasi sebelum dirinya. “Anak saya bernama Setia, saya tidak ingin kembali lagi bekerja di Malaysia, ini pertama kalinya saya bekerja di sana,” katanya.

Akan hal tersebut, Korlap TKI-B, Kuswari mengatakan, TKI yang dipulangkan dari Malaysia hari ini berjumlah 337 orang dengan rincian, yakni, laki-laki sebanyak 199 orang, perempuan sebanyak 134 orang dan anak laki-laki sebanyak 4 orang. Keadaan para TKI tersebut saat dipulangkan sehat, dan setelah ini para TKI akan dibawa ke penampungan.

“Mereka setelah dibawa ke penampungan diberi makan dan di data, setelah itu mereka dipulangkan pada hari minggu dengan menggunakan Kapal Lawit,” ungkapnya. (ADO)

228 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>