Published On: Jum, Mei 27th, 2016
                            

DPRD: Aturan Pemilihan Cawagub Kepri Masih Digodok

Sekwan Kepri Hamidi. Foto : Rony Nainggolan
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Peraturan untuk pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Jum’at (27/05) siang, masih digodok Pemerintah Pusat.

Sebab, kata Sekretaris DPRD Kepri Hamidi, sampai saat ini DPRD Kepri belum mengetahui aturan mana yang akan diberlakukan untuk pemilihan Cawagub Kepri.

“Aturannya belum jelas. Aturannya masih digodok,” kata Hamidi kepada KepriDays.com.

Sedangkan diketahui menurut UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada, pergantian kepala daerah dilakukan oleh DPRD masing-masing tingkatan.

Ini sesuai dengan Pasal 176 ayat 1, bahwa dalam hal wakil gubernur, wakil bupati, dan wakil wali kota berhalangan tetap, berhenti atau diberhentikan, pengisian wakil gubernur, wakil bupati dan wakil wali kota dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh masing-masing DPRD.

Mekanisme ini berbeda dari sebelumnya, yakni wali kota, bupati atau gubernur punya kewenangan penuh menentukan pendampingnya sebagaimana diatur dalam UU nomor 1/2015.

Namun, setelah UU ini diubah dengan UU Nomor 8/2015, kewenangan itu diserahkan kepada parpol pengusung dan DPRD. Artinya, UU Nomor 8/2015, maka DPRD yang akan memilih Wakil Gubernur dengan mekanisme parpol atau gabungan parpol pengusung mengajukan nama ke DPRD agar di pilih secara demokrasi.

Sementara Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak membenarkan untuk aturan tersebut. Namun, ia tetap mengatakan, aturan baku dari Perpu belum ada dan itu masih di revisi untuk pemilihan Wagub.

“Aturan baku belum ada. Masih menunggu revisi Perpu dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya. (RNN)

254 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>