Published On: Rab, Jan 25th, 2017
                            

DJBC Kepri Gagalkan Penyelundupan Rokok FTZ

Img 1039.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Karimun, KepriDays.com – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri menegah speed boat tanpa nama yang mengangkut ratusan ribu batang rokok kawasan bebas (FTZ) di sekitar pulau Petong asal tujuan jembatan 1 Batam menuju Tembilahan.

Kepala Bidang Penindakan Sarana Operasi (PSO), R. Evi Suhartantiyo mengatakan, speed boat tanpa nama tersebut ditegah Sabtu, (21/1/2017) sekitar pukul 00.30 WIB di sekitar Pulau Petong dengan koordinat 00º39’850″.U/104º01’100″.

“Sabtu (21/1/2017) kurang lebih pukul 00.30 WIB satgas patroli laut kita dengan nomor lambung BC 119 melakukan penegahan terhadap satu kapal speed boat tanpa nama, dengan dua mesin tempel Yamaha masing-masing 200 PK. Penegahan ini hasil dari pengembangan informasi dan kemudian dilakukan pengejaran,” kata R. Evi saat ditemui di Posko Ketapang, Rabu (25/1/2017).

Selain itu, R. Evi menjelaskan, saat dilakukan penghitungan rokok yang tertinggal diatas kapal hanyak tersisa 60 kotak setara dengan 414 ratus ribu batang rokok dengan empat jenis, yakni, merk Sun sebanyak 172 ribu barang rokok, merk H Mild sebanyak 130 ribu batang, Harmony sebanyak 61 ribu batang, Luffman sebanyak 50 ribu batang rokok.

“Saat dilakukan penghitungan diatas kapal hanya tersisa 60 kotak saja. Sedangkan jenis rokok yang diamankan ada empat dengan berbagai merk,” jelas R. Evi.

Kemudian, R. Evi menambahkan, saat dilakukan penegahan terhadap speed boat tanpa nama yang mengangkut ratusan ribu batang rokok kawasan bebas (FTZ) tersebut, ABK speed boat sempat melakukan perlawanan kepada petugas.

“Pada saat pengejaran kapal tersebut membuang beberapa muatan untuk menghambat laju speed boat petugas kami dan akan menabrak kapal petugas kita. Setelah perjuangan setengah jam akhirnya speed boat ini bisa dikuasai oleh petugas kita,” ujar R. Evi.

Selain membuang beberapa muatan Nahkoda dan ABK kapal juga sempat menceburkan diri ke laut dengan menggunakan life jacket. Namun setelah petugas melakukan pencarian berhasil menemukan kedua orang tersebut lalu dibawa ke posko Ketapang.

“Kedua orang tersebut juga sempat menceburkan diri ke laut dengan menggunakan life jacket, tapi setelah dilakukan pencarian oleh petugas kita akhirnya berhasil ditemukan lalu kemudian dinaikkan ke kapal dan selanjutnya dibawa ke posko Ketapang,” ujar R. Evi. (CR20)

483 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>