Published On: Sen, Okt 3rd, 2016
                            

Dinkes Lingga Gencar Cegah Penyakit Kaki Gajah

salah-seorang-petugas-menunjukkan-obat-yang-diberikan-foto-ruzi. Foto : Ruzi
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, sejak Sabtu (01/10) hingga Senin (03/10) hari, tengah gencar memberikan obat pencegahan penyakit Kaki Gajah kepada masyarakat.

Bahkan, kata Kepala Dinkes Lingga, Ignatius Lutti, tahun ini merupakan tahun keempat program eliminasi penyakit Kaki Gajah. Sebab, Kabupaten Lingga ditetapkan sebagai daerah endemis Kaki Gajah berdasarkan survey atau pemeriksaan sampel darah tahun 2012 lalu di Kecamatan Lingga Utara.

“Dimana dari 300 sampel, ada 33 sampel darah yang positif mikrofilaria. Rencana kegiatan ini harus 5 tahun berturut-turut. Dalam satu tahun hanya perlu sekali saja minum obat pencegahan itu,” ucapnya kepada KepriDays.com.

Kemudian, dijelasnya lagi, pada tahun ini di Kecamatan Singkep telah diambil sampel darah sejumlah 325 orang dengan hasil semuanya negatif oleh team dari Kementerian Kesehatan dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Batam.

“Hasilnya pada tahun 2016 tinggal 3 orang lagi yang masih positif darahnya mengandung mikrofilaria,” imbuhnya.

Sementara dengan adanya pemberian obat pencegahan massal penyakit Kaki Gajah ini, ia sangat berharap agar masyarakat Kabupaten Lingga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan datang ke pos-pos pemberian obat dan meminumnya.

“Sehingga nantinya selesai program 5 tahunan ini, tidak ada lagi penderita penyakit Kaki Gajah di Kabupaten Lingga,” ujarnya.

Sedangkan untuk sekedar diketahui, suatu Kabupaten/Kota dikatakan bebas penyakit Kaki Gajah apabila memenuhi syarat, yakni, cakupan tiap tahap diatas 65 persen.

Kemudian setelah 5 tahun melakukan kegiatan dan disurvey hasilnya, Kecamatan endemis dan pembandingnya harus dibawah 1 persen. (CR18)

244 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>