Published On: Jum, Jun 27th, 2014
                            

Dari Limbah Sampah Hasilkan Hiasan Bunga

Hiasan Bunga dari Kulit Jagung
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang,KepriDays.com – Keprihatinan terhadap kondisi lingkungan saat ini membuat banyak warga semakin peduli untuk mengelolah limbah sampah. Seperti yang dilakukan Nasri (48), warga KM. 2 yang merupakan salah seorang pemilik UMKM binaan dari BRI cabang Tanjungpinang. Di tangannya, limbah sampah dari Kulit Jagung bisa menghasilkan kerajinan yang unik, yakni, hiasan rumah berbentuk Bunga.

“Mungkin masyarakat tidak terpikir bahwa Kulit Jagung yang mereka buang bisa menghasilkan kerajinan yang bernilai jual tinggi,” katanya, Jum’at (27/6) ketika diwawancarai KepriDays.com sedang mengikuti acara Pameran Produk Kreatif di lapangan Pamedan lalu.

Kemudian, kata Nasri, sebelumnya Ia juga tidak terpikir bahwa Kulit Jagung bisa menghasilkan kerajinan tangan yang sangat menarik sebagai hiasan rumah, dan akhirnya berkat bantuan pemikiran istrinya. Ia dapat berpikir gimana caranya bisa menghasilkan sebuah hiasan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak dan mulai mencoba menyulap Kulit Jagung ini sebagai Bunga untuk hiasan rumah.

“Hasil dari kepedulian terhadap lingkungan sekaligus kreatifitas ini pun tidak saya sia-siakan. Sehingga sebelum menjual hiasan dari Kulit Jagung, kami hanya meletakkannya dirumah saja, ternyata ketika saudara-saudara dan kerabat melihat hasil kerajinan tangan kami ini, mereka tertarik untuk membelinya. Dari situlah kami membuatnya dan menjualnya dengan bantuan kerabat-kerabat untuk menjualnya kepada yang orang lain termasuk dari BRI Tanjungpinang,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk proses pembuatan hiasan Bunga dari Kulit Jagung ini cukup rumit, yakni, pertama harus mengeringkan terlebih dahulu Kulit Jagung yang sudah disimpan, baru nanti diberikan rebuh dan memberi pewarna, kata dia.

“Sudah diberi warna kembali lagi di jemur, lalu setelah kering baru di rakit menjadi sebuah Bunga,” ujarnya.

Sementara itu, Nasri mengatakan, harga setiap bentuk hiasan Bunga dari Kulit Jagung yang telah jadi sangat beragam. Untuk ukuran yang Kecil harganya berkisaran Rp. 80 ribu hingga Rp. 100 ribu perpotnya.

“Untuk yang lumayan besar harganya berkisaran Rp. 120 ribu hingga Rp. 150 ribu perpotnya, sedangkan untuk ukuran yang besar harganya berkisaran Rp. 200 ribu hingga Rp. 300 ribu perpotnya. Harganya disesuaikan dengan kualitasnya, jadi masyarakat tidak usah khawatir ketika hendak membeli kerajinan tangan dari limbah Kulit Jagung ini,” ujarnya. (RKO)

807 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            
Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Umi fatimah mengatakan:

    Selamat siang, bolehkah saya meminta contact person dari ibu nasri. Saya berminar utk meliput kerajinan tangan dari kulit jagung

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>