Published On: Jum, Jun 26th, 2015
                            

CNG Marine Gagasan Anak Kepri

Direktur Pembangunan dan Bisnis PLN Kota Batam, Ardian Cholid. Foto : Ado
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Direktur Pembangunan dan Bisnis PLN Kota Batam, Ardian Cholid mengatakan, Compressed Natural Gas (CNG) Marine merupakan solusi untuk menyelesai krisis listrik, dan model CNG Marine ini merupakan rancangan pertama yang ada di dunia, serta gagasan dari anak didaerah Provinsi Kepri.

“CNG Marine ini gagasan anak Kepri, yakni, Pak Gubernur Kepri dan satu-satunya di dunia,” ucapnya, Kamis (25/06) kemarin di lokasi Pembangkit Listrik Mikro Gas (PLTMG) berbasis CNG Marine, Dompak Tanjungpinang.

Pada saat peninjauan juga, Ardian menambahkan, proses penggunaan CNG Marine sangat efisien,
dan gas yang dibawa ke tempat mesin PLTMG bisa langsung digunakan.

“Proses PLTMG ini tidak ribet. Proses pembangunannya pun tidak lama, hanya memerlukan kedudukan beton pengganjal mesin saja. CNG ni sangat bagus dikembangkan di Kepri,” ungkapnya.

Bahkan pembangunan PLTMG sendiri, masih kata dia, tidak ada pembangunan bangunan besar untuk melindungi mesin, karena PLTMG tidak memerlukan bangunan besar untuk melindungi mesin tersebut dari segala cuaca.

“Kami tidak membutuhkan bangunan besar seperti PLTU, karena mesin CNG Marine sudah didesain menyerupai box kontainer. Jadi sudah langsung terlindungi dan aman, serta sangat mudah di bongkar pasang,” katanya.

Sementara, Ardian menambahkan lagi, CNG Marine yang belum beroperasi ini telah menyita mata dunia dengan modelnya, sehingga telah datang beberapa negara asing ke PLN Batam seperti Amerika Serikat, Singapore, Thailand, Malaysia dan lainnya untuk mempelajari desain CNG Marine ini.

“Kita patut berbangga dengan gagasan Gubernur Kepri, karena gagasan CNG Marine telah mendatangkan negara-negara asing untuk menggunakan desian CNG Marine di negaranya,” jelas Ardian. (ADO)

326 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>