Published On: Sen, Apr 13th, 2015
                            

Cina Ancam Blokir Media Sosial Besar

ilustrasi media sosial. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Cina, KepriDays.com – Pemerintah Cina mengancam akan menutup media sosial dan situs berita populer Sina Weibo. Pemerintah bahkan mengancam penutupan total jika Sina tak meningkatkan pembatasan dan sensor terhadap penayangan berita dan komentar dalam situsnya.

“Portal online ini telah mendistorsi fakta berita, melanggar moralitas dan mengedepankan sensasi,” kata Cyberspace Administration China, Senin (13/04) seperti dikutip dari Xinhua.

CAC menuding Sina telah menyebarkan informasi ilegal soal rumor, kekerasan, terorisme, dan propaganda ajaran sesat. CAC juga menilai pengawasan Sina sangat lemah dalam layanannya yang serupa dengan media sosial Twitter dan diikuti ribuan pengguna di negara tersebut.

Namun CAC sama sekali tak menunjuk secara detail berita atau komentar yang dinilai melanggar aturan pemerintah. Pemerintah Cina di bawah Presiden Xi Jinping memang selalu mengontrol setiap pemberitaan dan kegiatan pers dari belakang layar di Negeri Tirai Bambu.

Sejumlah kebijakan dan larangan disampaikan ke setiap media dengan disematkan ancaman dan sanksi atas pelanggaran tersebut. Kelompok Wartawan Tanpa Batas yang bermarkas di Prancis mencatat, Cina berada di urutan ke-175 dari 180 negara terkait dengan pembatasan kebebasan pers.

“Web berita raksasa Cina, Sina Weibo, akan ditutup jika tak bisa meningkatkan sensor,” kata juru bicara Partai Komunis di Twitter, media sosial yang telah diblokir pemerintah Cina.

Sejak 2013, pemerintah Cina memang menjatuhkan sanksi dan pidana penjara terhadap kejahatan rumor online. Beberapa orang harus berhadapan dengan hukum dan sanksi karena komentarnya di dunia maya yang sebenarnya adalah upaya pembatasan kampanye di layanan microblogging.

Upaya pemerintah ini berhasil karena sempat membuat para kritikus berhenti mem-posting komentarnya. Sina Weibo adalah situs terbesar di Cina menurut layanan ranking situs Alexa. Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi langsung dari CAC dan Sina. (TIM REDAKSI)

253 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>