Published On: Jum, Jun 19th, 2015
                            

Cara Makan Saat Berbuka Puasa

Buka Puasa. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Berbagai penelitian menunjukan berpuasa memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti, menurunkan asupan kalori yang berdampak pada pengurangan berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Walaupun begitu, konsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka dan sahur bisa merusak manfaat ini, kata spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dokter Ari Fahrial Syam, seperti dikutip dari berbagai sumber.

“Pada sebagian kecil dari orang berpuasa tidak mendapat manfaat dari puasa, karena asupan makannya tetap saja saat berpuasa bahkan lebih besar dibandingkan saat tidak berpuasa,” kata Ari.

Ari juga menambahkan, konsumsi makanan saat sahur dan berbuka yang berlebihan, akan membuat seseorang menjadi tidak produktif.

“Lambung mempunyai kapasitas dalam menampung makanan. Makan yang berlebihan akan membuat kadar gula darah akan naik mendadak, dan ini akan merangsang insulin diproduksi berlebihan dan akan merangsang hormon lain sehingga seseorang menjadi ngantuk,” kata dia.

Bahkan menurut dia lagi, lambung membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 jam untuk mencerna makanan yang di konsumsi. Oleh karena itu, makan secara berlebihan tidak akan berpengaruh untuk membuat perut kenyang.

“Jadi kalau kita menggeser makan pada sahur dan berbuka, kita bisa tidak mendapatkan manfaat puasa yaitu mengendalikan makanan kita selama berpuasa,” jelasnya. (TIM REDAKSI)

268 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>