Published On: Sen, Apr 27th, 2015
                            

Cara Baik Kenalkan Makanan Untuk Anak

Ilustasi Suap Bayi Makan. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Dari Pakar Gizi Medis Universitas Indonesia dr. Saptawati Bardosono mengatakan, pemberian makanan pendamping air susu ibu saat anak berusia 6 bulan penting diberikan. Cara ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi yang tidak lagi terpenuhi oleh ASI saja.

“Pada prinsipnya pemberian makanan pendamping ASI ini dimulai anak usia 6 bulan dan seterusnya hingga si kecil mencapai pola makan dewasa,” tuturnya, Senin (27/04) seperti dikutip dari situs Bisnis.com.

Selain itu, lanjut Saptawati, yang harus ibu perhatikan dalam pemberian makanan pendamping bagi si kecil adalah tahapan dari aspek tekstur, konsistensi, porsi hingga frekuensi pemberian. Berikut ini tahapan pemberian makanan pendamping ASI yang benar.

Tahap Awal

Hal yang perlu diperhatikan pada tahap awal pemberian makanan pendamping ASI yaitu mulai usia 6 bulan terdiri dari satu rasa dengan tekstur lembut.

Tahap Kedua

Sebaiknya Anda mulai memperkenalkan berupa variasi resep bergizi yang dapat menstimulasi indera rasa dan bau makanan.

Tahap Ketiga

Ketika usia 8 bulan sebaiknya memberikan makanan yang bervariasi, seperti rasa dan tekstur. Hal ini penting dilakukan agar si kecil mengenal berbagai rasa dan tekstur dan menghindari kebosanan. Anda bisa memberikan makanan yang mengandung butir ikan, sayuran dan buah untuk melatih mengunyah.

Tahap Junior

Ketika si kecil masuk usia 1 tahun ke atas berikanlah makanan yang lebih bervariasi lagi dan mulai dikenalkan dengan makanan atau menu keluarga. Namun, masih harus memperhatikan rasa seperti hindari pedas, asam, dan jangan menggunakan penyedap rasa. (TIM REDAKSI)

286 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>