Published On: Sen, Jun 1st, 2015
                            

Cara Aman Jika Terjebak di Lift

Ilustrasi Terjebak dalam Lift. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sebagian besar orang bekerja di gedung bertingkat yang mengharuskannya menggunakan lift setiap hari. Tapi terkadang lift yang digunakan tidak bekerja dengan baik. Apa yang harus dilakukan jika terjebak di dalam lift?

Ketika terdapat kerusakan pada lift atau terjadi gangguan listrik seperti mati lampu akan membuat lift berhenti bekerja, dan membuat orang-orang yang berada di dalamnya terjebak atau tidak bisa keluar.

Bayangan terjebak didalam lift mungkin pernah terlintas di pikiran setiap orang, karena hal ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Tak jarang hal ini menimbulkan ketakutan tersendiri dalam menggunakan lift.

Karenanya penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan seseorang jika terjebak di dalam lift.
Dikutip dari eHow, ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika terjebak di dalam lift.

1. Jangan Panik dan usahakan tetap tenang.

Jika seseorang terlalu panik, maka dia tidak bisa berpikir tenang dan tidak pakai logika sehingga memperparah kondisi yang ada. Tetap tenang adalah salah satu kunci penting agar tetap bisa bertahan.

Luangkanlah waktu untuk menenangkan diri sendiri dan berpikirlah positif bahwa kondisi tersebut akan segera berakhir dan segera keluar dari lift.

2. Cobalah untuk menekan tombol pintu terbuka.

Ketika lift berhenti bekerja, sebaiknya tidak menekan tombol lantai lainnya, tapi cobalah untuk menekan tombol pintu terbuka. Jika tidak ada tanggapan, maka cobalah untuk menekan tombol emergency untuk meminta bantuan

3. Gunakan telepon darurat di lift untuk meminta bantuan.

Telepon tersebut akan membantu seseorang untuk menghubungi teknisi darurat yang akan membantu keluar dari lift. Jika telepon tersebut tidak dapat digunakan, maka gunakan telepon seluler untuk menghubungi orang lain seperti teman kerja untuk memberi tahu keadaan yang terjadi jika masih ada sinyal.

Usahakan berada dalam posisi duduk
Posisi duduk bisa membantu seseorang untuk bersantai dan mengambil napas dalam-dalam serta menyadari bahwa dirinya akan segera keluar. Karena jika terlalu panik atau bersemangat untuk mencari jalan keluar hanya akan memperburuk keadaan yang ada.

4. Jangan terlalu banyak bicara.

Oksigen di dalam lift sangat terbatas, jika ingin bicara dengan orang lain yang juga terjebak di lift bicaralah seperlunya saja untuk menghemat oksigen.

5. Menunggu datangnya bantuan.

Tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu datangnya bantuan. Selama menunggu bantuan tidak ada salahnya bermain game di telepon seluler, menulis atau sekedar coret-coret gambar di buku jika ada alatnya. Suasana seperti ini bisa membantu seseorang untuk tetap tenang.

Jika seseorang bisa tetap tenang selama terjebak di dalam lift, maka ia akan bisa membantu menjaga agar orang lain agar tetap tenang dengan cara mengajaknya untuk duduk dan memberitahu cara bernapas yang benar dan teratur.

Selain itu sebaiknya hindari untuk keluar dari lift sendiri, terlebih jika menggunakan pintu atap. Usahakan untuk menyimpan dengan baik beberapa barang berguna seperti telepon seluler dan juga senter. (TIM REDAKSI)

365 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>