Published On: Sen, Nov 13th, 2017
                            

BPOM: Tak Ada Obat Herbal Dapat Obati Kanker

wp-image-1585330068.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dunia, KepriDays.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan hingga kini tidak ada obat herbal terdaftar di BPOM dapat mengobati kanker.

“Untuk edukasi masyarakat, obat herbal tradisional, jamu terstandar itu belum ada untuk kanker,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen BPOM Ondri Dwi Sampurno, di Jakarta, dikutip dari Tempo.

Kemudian, dikatakan Ondri Dwi, jamu atau obat herbal terstandar untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada penderita kanker, bukan untuk pengobatan kankernya.

“Untuk penderita kanker yang sudah dinyatakan secara medis, jamu atau obat herbal untuk membantu memelihara kesehatan pada penderita kanker, sampai sekarang memang masih belum ada (untuk pengobatan),” kata Ondri.

Ondri menuturkan pembuktian obat herbal terstandar cukup rumit serta harus cukup data klinis.

Komite Manufacturing PP GP Farmasi Indonesia Barokah Sri Utami mengatakan obat herbal dengan takaran yang diatur tidak disarankan untuk diminum terus-menerus, melainkan hanya sebagai komplementer.

Dia menekankan penderita kanker memiliki risiko jika meminum obat yang memiliki reaksi lambat.

“Ciri khas jamu dan obat herbal ini reaksinya tidak secepat obat kimia. Obat herbal ini digunakan sebagai preventif,” ujar dia. (TIM REDAKSI)

42 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>