Published On: Jum, Jul 31st, 2015
                            

BPJS Ketenagakerjaan: Program JP Bisa Diterima Ahli Waris

Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan, Ikung. Foto: Afrizal
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Untuk manfaat Jaminan Pensiun (JP) yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dapat diterima ahli waris atau anak sampai batas umur 23 tahun apabila orang tuanya meninggal dunia.

“Jadi anak bisa mendapatkan uang Jaminan Pensiun sampai batas umur 23 tahun. Inilah salah satu manfaat keuntungan dari keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk program Jaminan Pesiun,” kata Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan, Muhammad Kurniawan yang biasa disapa Ikung, Kamis (30/7) kemarin.

Namun dikatakan Ikung, apabila lewat batas umur 23 tahun ke atas, maka uang jaminan pensiun orang tuanya tidak bisa lagi ia terima.

“Ketentuan manfaat yang diterima Jaminan Pensiun, kalau orang tua laki-laki meninggal dunia, bisa diteruskan pada istri. Kalau istri meninggal, maka diberikan kepada anak untuk penerima jaminan pensiun ini,” ujarnya.

Bahkan sesuai dengan Pepres 109/2013 para perusahaan berskala besar dan menegah wajib mengikuti manfaat Jaminan Pensiun. Sedangkan perusahaan berskala menegah ke bawah boleh mengikuti atau tidak tentang Jaminan Pensiun.

Sementara hitungan pembayaraan manfaat Jaminan Pensiun hanya 3 persen dari gaji dan batas gaji sekitar Rp. 7 juta.

“Seumpama kalau gaji karyawan Rp. 2 juta, jadi karyawan hanya bayar sekitar 1 persen atau hanya Rp. 20 ribu dan 2 persennya ditanggung oleh perusahaan. Jadi untuk pembayaran semua yaitu hanya sekitar Rp. 60 ribu dan ini untuk pekerja formal penerima upah,” kata Ikung.

Selain itu, kata dia, semakin besar uang iuran yang dilaporkan atau berikan, maka sebesar dana jaminan pensiun yang mereka dapat. “Tapi manfaat Jaminan Pensiun didapat, apabila sudah sampai pembayaran selama 15 tahun,” ungkapnya. (AFRIZAL)

253 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>