Published On: Sel, Agu 26th, 2014
                            

BLH Kepri Gelar Uji Emis di Tanjungpinang

BLH Kepri saat uji emisi, Foto: Ado
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Kepri menggelar uji emisi yang dilaksanakan tepat didepan Perumahan Pinlang Mas KM.9 Kota Tanjungpinang, Selasa (26/8) pukul 08.00 hingga sore hari.

Kepada KepriDays.com, staf BLH Provinsi Kepri, Julhaidir mengatakan, kegiatan uji emisi merupakan bagian dari kegiatan pertama dari Program Langit Biru yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk seluruh kota di Indonesia.

“Untuk mengevaluasi kualitas udara diperkotaan maka wajib dilakukan uji emisi. Dan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Julhaidir, uji umsi ini juga akan dilakukan pada 3 tempat, yakni, hari pertama didepan Perumahan Pinlang Mas, hari kedua di Pamedan dan hari terakhir di jalan MT. Haryono. Targetnya berupa kendaraan bermotor yang yang menggunakan bahan bakar Solar dan Bensin. Jumlah kendaraan yang ditargetkan berkisar 1.000 kendaraan bermotor.

“Target kendaraan bermotor berjumlah 1.000 kendaraan namun akan dijaring sebanyak 1.300 untuk mengantisipasi bila ada data yang kurang,” katanya.

Setelah itu, Julhaidir menambahkan, uji emisi merupakan kegiatan pertama dari 4 kegiatan Program Langit Biru, untuk kegiatan kedua, yakni, akan diadakan Trafick Counting untuk mengukur kelajuan kendaraan yang dilakukan di 3 tempat yang sama, kegiatan ketiga, memonitoring kualitas udara yang berada di jalan raya dengan menggunakan alat pendeteksi yang sudah disiapkan. Lalu, kegiatan keempat yakni memonitoring bahan bakar minyak yang berada di 4 SPBU yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Semua kegiatan akan dilaksanakan dari pukul 06.00 wib hingga pukul 22.00 wib, sedangkan untuk trafick Counting akan diukur dengan menggunakan kamera yang berada di lampu merah,” ucapnya.

Sementara diketahui, kegiatan tersebut yang ke 3 kali selama 3 tahun diadakan BLH Provinsi Kepri dan hanya di Kota Batam dan Tanjungpinang. Semua data yang terkumpul nanti juga, kata Julhaidir, akan di kirim ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan akan dinilai lalu diperlombakan. “Bila kemungkinan data yang diperoleh dari kota mendapatkan data yang terbaik, walikotanya akan mendapatkan reward dari KLH,” katanya. (ADO)

185 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>