Published On: Jum, Okt 7th, 2016
                            

Bintan jadi Pilot Project Konservasi Hayati Perdana di Indonesia

konservasi-lautan. Foto : Syajarul
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – Kabupaten Bintan ditunjuk sebagai Pilot Project Percontohan Konservasi Hayati atau keanekaragaman hewan laut perdana di Indonesia.

Hal ini dikarenakan perairan di Kabupaten Bintan, memiliki potensi-potensi keanekaragaman ikan laut yang masih terjaga kelestariannya.

“Bintan itu sangat spesial. Untuk itu akan difokuskan kawasan konservasi jenis Kuda Laut di Perairan Bintan,” kata Direktorat Konservasi Keanegaragaman Hayati Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Kasi Pelestarian Keanekaragaman Hayati Direktorat Konservasi Keanegaragaman Hayati Laut, KKP, Suraji.

Selain Kuda Laut, lanjut Suraji, empat jenis hewan laut lainnya juga akan dijadikan konservasi hayati percontohan di Indonesia.

“Ada 20 jenis ikan yang dimasukkan kedalam aturan perlindungan konservasi hayati laut oleh KKP di tahun ini. Dari jumlah itu, Bintan ditetapkan sebagai kawasan konservasi perlindungan dan pelestarian untuk empat jenis hewan laut,” ujarnya.

Adapun empat hewan laut itu, kata Suraji, diantaranya Konservasi Kuda Laut, Penyu, Kima dan Dugong. Untuk tempatnya, Perairan Pantai Sakera, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebongdan Perairan di Kecamatan Tambelan.

“Sedangkan tempat konservasi lainnya dilakukan di Pantai Trikora, Kecamatan Gunung Kijang, Perairan Tanjung Berakit dan Pengudang di Kecamatan Teluk Sebong,” kata Suraji.

Sementara itu, sambung Suraji, nanti pada laut tersebut akan dibuat sangkuari atau perlindungan hewan laut didalamnya. Untuk didarat akan dibuat lokasi pusat pendidikan dan pengembangbiakan.

“Ada beberapa wilayah di Provinsi Kepri yang KKP tetapkan sebagai Kawasan Konservasi Hayati Laut Percontohan, yaitu, Kabupaten Lingga ditetapkan sebagai Konservasi Hayati Laut jenis Tripang. Kemudian untuk Kota Batam akan dibentuk lokasi Konservasi Lola. Berikutnya, Konservasi Napoleon akan dilakukan di Kabupaten Anambas,” tutur Suraji

Jika semua Kawasan Konservasi Hayati Laut itu sukses dilaksanakan, diketahui KKP akan menetapkan sembilan konservasi-konservasi hayati laut lainnya di beberapa provinsi se Indonesia. (CR13)

349 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>