Published On: Sel, Jun 6th, 2017
                            

BI Gandeng Polri Perkuat Keamanan Sistem Pembayaran Masyarakat

Konferensi pers polda dan bi kepri
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Batam, KepriDays.com – Bank Indonesia (BI) bersama Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) terus memperkuat kerja sama dalam meningkatkan keamanan dan kelancaran kegiatan ekonomi masyarakat.

Adapun kerja sama itu mencakup bidang sistem pembayaran, pengelolaan uang rupiah, pengendalian inflasi serta penanggulangan kejahatan dunia maya.

Dalam sinergi ini dilakukan baik di tingat pusat maupun daerah, agar kegiatan ekonomu nasioan berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, Gubernur BI, Aagus D.W. Martowardojo dan Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian menyelenggarakan video conference dengan seluruh Kepala Polisi Daerah (Kapolda) se-Indonesia termasuk Kapolda Kepri, Senin (05/06) kemarin, guna membahas strategi penguatan keamanan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah di setiap daerah.

Bahkan diketahui dari Polda Kepri melalu Kabid Humas, kerja sama tersebut berfokus kepada usaha pencegahan dan penanggulangan pemalsuan uang di seluruh jaringan dari hilir hingga ke hulu.

“Pada tahun 2016 Polri telah mengungkap 111 kasus uang palsu dan melaksanakan proses hukum terhadap distributor, pembuat dan pemodal uang palsu. Kerja sama ini diharapkan terus berlanjut dan semakin diperkuat dengan adanya sistem Bank Indonesia Counterfeit Analysis Center (BI-CAC) yang memetakan seluruh temuan uang palsu diwilyah NKRI,” kata Kombes Pol. Erlangga.

Kemudian, lanjutnya, penindakan akan dilakukan Polri dengan dukungan BO berupa penyediaan keterangan ahli dalam setiap proses hukum.

“Untuk kerja sama bidang sistem pembayaran antara lain dilakukan dalam penanggulangan dan pemberantasan tindak pidana terkait alat pembayaran dengan menggunaka ATM, Debit dan Kartu Kredit,” ujar Erlangga.

Sedangkan untuk diketahui di Kepri, terdapat beberapa kasus terkait dengan penyalahgunaan KUPVA BB dan PDT yang berhasil diungkap BNN dan Kepolisian, yakni, penyalahgunaan untuk tindak pidana pencucian uang dari hasil narkoba dan perjudian.

“BI dan Polda Kepri akan melakukan peningkatan pemantauan terhadap penggunaan uang rupiah khusunya pada transaksi-transaksi terhadap usaha yang masih mencantumkan harga mata uang valuta asing,” ucap Erlangga. (RNN)

93 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>