Published On: Ming, Jun 28th, 2015
                            

Bak Air Milik PU Bahayakan Rumah Warga

Bak Air Kelurahan Kemboja. Foto: Ijal
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kondisi Bak Air Hidran yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanjungpinang pada tahun 2014 lalu di Pelantar Datuk RT 2/RW 3 Kelurahan Kamboja Kota Tanjungpinang, membahayakan rumah warga yang tinggal didaerah sekitaran tempat Bak tersebut.

Padahal proyek pembangunan Bak Air yang digunakan untuk antisipasi kebakaran tersebut, dilakukan secara lelang sekitar Rp. 370 juta di APBD 2014 Kota Tanjungpinang. Namun kesannya proyek itu, diduga asal-asalan dikerjakan oleh kontraktor pemenang tender dan PPTK PU Tanjungpinang bernama Heri.

“Kondisi Bak Air Hidran yang dibangun PU Tanjungpinang 2014 lalu sangat membahayakan rumah disekitaran sini. Bayangkan pembangunannya asal-asalan, mulai dari penggalian pondasi dan kedalam pondasinya hanya beberapa meter saja. Padahal ini bukan tanah keras, ini laut. Saya heran dengan Pak Heri penanggungjawab proyek Bak itu,” kata Aki, seorang warga yang tinggal hanya beberapa meter dari Bak itu, Sabtu (27/6) siang kepada KepriDays.com.

Selain pondasi yang tidak menjamin ketahanan Bak Air tersebut, sambung Aki, Bak yang ukuran panjangnya sekitar 21 meter lebar 3 meter dan kedalaman lebih kurang 2 meter itu, didalamnya tidak menggunakan skat penahan beban air. Bahkan penggalian pondasinya dilakukan secara manual.

“Mana bisa tahan kalau tidak ada skat didalam Bak itu. Bisa-bisa Bak hancur jika terkena tekanan air cukup kuat, karena tidak ada yang menahan. Belum lagi sekarang Bak itu sudah bocor dan masuk air laut, bisa hancur rumah yang disekitaran sini,” ucapnya.

Akan hal itu juga, Aki pun meminta supaya petugas PU Tanjungpinang datang untuk mengecek kondisi Bak Air didaerah tempat tinggalnya, sehingga tidak membuat warga disekitaran Bak Air Hidran cemas.

“Selesai pengerjaan pada Desember 2014 lalu, PU Tanjungpinang tidak pernah memberitahu warga. Sampai sekarang pun bulan Juni 2015 ini, tidak ada seorang petugas PU yang meninjau lagi Bak itu. Cobalah dilakukan pengecekan, jadi warga tidak was-was,” ujarnya. (AFRIZAL)

283 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>