Published On: Sel, Jun 14th, 2016
                            

Bahasa Indonesia Bakal Jadi Bahasa Internasional

Rektor Umrah. Foto : Rony Nainggolan
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pakar akademisi dari tempat asal-usul Bahasa Indonesia Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Prof. Syafsir Akhlus mengatakan, Bahasa Indonesia kedepan bakal jadi Bahasa Internasional.

“Setahu saya yang diwacanakan adalah Bahasa Indonesia, bukan Bahasa Melayu yang akan jadi Bahasa Internasional,” ucap Prof. Syafsir Akhlus yang juga selaku Ketua Rektor se-Indonesia, Selasa (14/06), saat dihubungi KepriDays.com.

Selain itu, Syafsir juga menjelaskan, kenapa Bahasa Indonesia bisa menjadi Bahasa Internasional, karena pada kawasan Asia Tenggara (ASEAN) Bahasa Indonesia sudah memenuhi persyaratan sebagai bahasa pengantar untuk kawasan ASEAN.

“Yang perlu diperkuat adalah pengembangan ukuran kemampuan berbahasa Indonesia bagi penutur asing (semacam TOEFL).
Saat ini sudah ada Program BIPA, yaitu, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, tetapi masih belum lengkap instrumen pengukurnya,” ucap Syafsir.

Sementara upaya yang bisa dilakukan agar Bahasa Indonesia bisa menjadi Bahasa Internasional, lanjut Syafsir, pertama pemerintah melalui Kemdikbud harus memperkuat standar Berbahasa untuk Bahasa Indonesia, kedua wajibkan seluruh mahasiswa asing untuk berbahasa Indonesia pada komunikasi formalnya.

Kemudian ketiga, gunakan ungkapan-ungkapan berbahasa Indonesia pada forum internasional dan keempat wajibkan seluruh tenaga kerja yang akan kerja di Indonesia memiliki kemampuan berbahasa Indonesia minimal tingkat dasar.

“Tentu saja kita semua harus berupaya agar Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa Internasional, seperti, 5 Bahasa lainnya yang sudah duluan,” ungkap Syafsir. (RNN)

256 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>