Published On: Jum, Jun 9th, 2017
                            

Ansar Ahmad: Ramadhan Mengajarkan Kesederhanaan

Img 0160.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – Bulan Ramadhan merupakan momen penting untuk mengasah diri dan belajar hidup sederhana. Tidak perlu berlebihan, apa lagi spirit Ramadhan mengajarkan untuk lebih banyak beribadah dan mempererat tali silaturahmi.

Hal ini dikatakan oleh Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kepulauan Riau H Ansar Ahmad dalam safari Ramadhan di masjid Nurul Istiqomah Lobam Bestari Kecamatan Sri Kuala Lobam Kabupaten Bintan, Kamis (8/6) kemarin.

“Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa dari fajar/subuh hingga datangnya magrib, sehingga bisa merasakan rasa sakit dan payah tanpa makan dan minum. Dalam puasa sejatinya perlu meneguhkan rasa yang berempati umat Islam terhadap kaum miskin terutama dengan menerapkan kesederhanaan makan dan minum serta membelanjakan harta,” ujar Ansar Ahmad.

Menurutnya, selama Ramadhan dikalangan sebagian masyarakat soal konsumerisme seolah-olah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Meskipun berpuasa, pengeluaran biaya justru melonjak untuk memenuhi kebutuhan makan-minum sehari-hari.

“Perilaku konsumtif dikalangan umat Islam selama Ramadhan terkait erat dengan kegagalan mereka dalam membatasi/menahan hasrat. Pengeluaran selama bulan Ramadhan jauh lebih besar daripada bulan-bulan sebelumnya,” jelas Ansar.

Sedangkan hidup sederhana, kata Ansar, bukan berarti hidup yang serba susah dan penuh penderitaan. Hidup sederhana adalah hidup yang cerdas dimana seseorang mampu memilah dan memilih, mana keinginan dan mana kebutuhan hidupnya.

“Sebab, tidak semua keinginan sesuai dengan kebutuhan. Tidak semua yang kita inginkan akan memberikan manfaat. Oleh karena itu, hidup sederhana adalah hidup dengan mengikuti pola yang jelas dan proporsional,” tambah suami Dewi Kumalasari ini. (RNN)

129 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>