Published On: Sen, Jun 15th, 2015
                            

ALIM Minta Pemda Perhatikan Degradasi Lahan

Kherjuli, Direktur ALIM Kepri. Foto: Rony/Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sebelum menjelang Hari Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2015, LSM Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM) Provinsi Kepri meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memperhatikan degradasi lahan yang terjadi didaerah Provinsi Kepri.

Karena dilihat dari kondisi lahan di Kota Tanjungpinang sebagai ibu kota, sudah mengalami degradasi yang patut mendapat perhatian dari pemerintah. Bahkan, menurut Direktur LSM ALIM, Kherjuli, kejadian ini sudah menjadi tanggungjawab bersama.

“Perlu perhatian, kepedulian dan tanggungjawab pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat. Supaya degradasi lahan dan kekeringan dapat di minimalisir dan di atasi,” ucapnya, Senin (15/06) pagi kepada KepriDays.com.

Kherjuli juga melanjutkan, perhatian terhadap degradasi sepatutnya sudah dilakukan sejak saat ini, terutama mengingat generasi penerus supaya bisa hidup layak pada masa kini, dan masa yang akan datang.

“Kami akan terus mendorong pemerintah, swasta dan elemen masyarakat meningkatkan kepedulian terhadap masalah degradasi lahan, dan kekeringan lewat media cetak dan elektronik,” ujarnya serius.

Selain hal itu, Kherjuli menambahkan, pihaknya bersama SKPD terkait akan melakukan penanaman pohon di hutan lindung Bukit Kucing, kantor-kantor, sekolah, pemukiman penduduk dan melakukan konservasi hutan lindung Sungai Pulai.

Tujuannya sekaligus untuk melakukan pemantauan dilahan-lahan kritis pasca tambang, daerah rawa dan resapan air serta hutan bakau dan pesisir pantai.

“Kami mendesak Pemda dan DPRD untuk membuat Perda Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup, Perda Pengelolaan Sumber Daya Air, Perda Kawasan Pesisir dan RTRW,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut dia, jika masih ada yang tidak peduli dengan masalah degradasi tersebut, bisa dilakukan upaya hukum supaya ada efek jera terhadap pelaku.

“Kami akan tempuh upaya hukum. Supaya ada efek jeranya. Sebab semua orang mempunyai hak untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat. Dan itu adalah amanat UUD 1945,” ujarnya. (RNN)

245 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>