Published On: Rab, Apr 5th, 2017
                            

Air Terjun Jelutung Potensi Atasi Kekurangan Air di Batam

Awe bupati lingga sedang berpidato.jpg.jpeg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com  – Air Terjun Jelutung yang terletak di Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, sangat berpotensi atasi masalah kekurangan air baku di Kota Batam dan sekitarnya tanpa harus membangun bendungan baru.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Lingga, Alias Wello, Rabu (05/04) kepada KepriDays.com. “Berdasarkan hasil pengukuran yang diajukan oleh sebuah perusahaan konsultan beberapa tahun lalu dapat diketahui bahwasanya debit air terjun Jelutung yang mengalir langsung ke laut tersebut mencapai 4000 liter per detik,” ucap Awe sapaan akrab Alias Wello.

Selain itu, Awe menjelaskan, Kabupaten Lingga itu memiliki banyak air terjun yang belum dimanfaatkan. Untuk kebutuhan air baku Batam sebesar 3.250 liter per detik, cukup dipasok dari air terjun Jelutung.

Sedangkan terkait bagaimana cara untuk mengalirkan air terjun Jelutung itu ke Batam dan sekitarnya, Awe mengaku, pemerintah sudah punya pengalaman mengalirkan gas dari Natuna ke Singapura dengan menggunakan pipa bawah laut sepanjang 500 kilometer.

“Saya yakin mengalirkan air tentu lebih mudah dari pada mengalirkan gas. Apalagi posisi air terjun Jelutung dengan Batam hanya berjarak sekitar 150 kilometer. Jika kita semua berpikir untuk jangka panjang, inilah solusi jitu untuk mengatasi masalah air di Batam,” imbuhnya.

Sebagaimana dikatakan Awe, saat berkunjung ke proyek pembangunan Sei Gong, Batam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, bendungan ya‎ng berada di Desa Sijantung, Kecamatan Galang itu, mampu menyalurkan air baku sebesar 400 liter per detik.

“Bendungan ini dibangun untuk mengatasi kekurangan air bagi masyarakat Kecamatan Galang, Rempang dan utamanya di Kota Batam yang kekurangan,” ujar Awe. (RUZI)

363 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>