Published On: Rab, Feb 11th, 2015
                            

Ada IPA, Debit Air Sei Gesek Meningkat

Gubernur Provinsi Kepri, HM. Foto : Ado
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Gubernur Provinsi Kepri, HM. Sani, telah meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Embung Sei Gesek, Rabu (11/02) siang. Gara-gara ada IPA tersebut, debit air yang semulanya kapasitas 50 liter/detik, saat ini jadi meningkat 100 persen, yakni, 100 liter/detik.

Sebab Kepulauan Riau (Kepri) sangat membutuhkan pasokan air bersih. Waduk yang beroperasi di Bintan-Tanjungpinang, yakni, Sei Pulai di KM 14 arah Kijang yang sudah beroperasi sejak lama hanya mampu menampung debit maksimal 250 liter/detik dan waduk di Kolong Enam Kijang baru mampu menampung debit 50 liter/detik.

Maka dengan adanya tiga waduk yang ada saat ini berfungsi, baru bisa menampung kapasitas air maksimal total 400 liter/detik. Sani pun mengatakan, persoalan air merupakan prioritas yang diutamakan selama Duo HMS menjabat pada Agustus 2010 lalu.

“Semua waduk yang sudah beroperasi itu, tentu masih belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu kami akan terus berupaya menambah kantung-kantung air lainnya. Insya Allah 10 atau 12 tahun kedepan, Bintan dan Kepri umumya tidak lagi kesulitan air,” kata dia.

Kemudian, Sani juga menambahkan, waduk Gesek sendiri mulai dirintis pembangunannya sejak tahun 2012 silam dengan anggaran sebesar Rp. 8 miliar. Tahun 2012 dimulai dengan pematangan lahan, tahun 2013 memperluas pembangunan waduk dan tahun 2014 melengkapi fasilitasnya.

“Alhamdulillah sekarang semuanya berjalan dengan lancar dan sudah bisa beroperasi 100 liter/detik. Ini patut kita syukuri bersama, karena pemerintah juga tidak akan bisa membangun tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak,” terangnya lagi. (ADO)

224 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>