Published On: Sen, Okt 31st, 2016
                            

60 Siswa Dikenalkan Fungsi DPRD Kepri

Kunjungan siswa siswi
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sebanyak 60 siswa-siswi SMP IT Ulil Albab Batam dikenalkan peran dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri, Senin (31/10) di Gedung DPRD Kepri Dompak, Tanjungpinang.

Pada kesempatan langka itu, terlihat sangat dimanfaatkan betul oleh para siswa-siswi untuk berdialog dan melihat secara dekat proses demokrasi.

“Silahkan ditanya. Apa saja yang adek-adek mau tanyakan,” kata Wakil Ketua I DPRD Kepri Rizki Faisal saat menyambut para siswa-siswi tersebut.

Bahkan, Rizki menjelaskan, bahwa DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat memiliki tiga fungsi yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan. Fungsi legislasi diwujudkan dalam membentuk Peraturan Daerah (Perda) bersama Gubernur.

“Selanjutnya fungsi anggaran yang diwujudkan dalam menyusun dan menetapkan APBD bersama Pemerintah Provinsi. Terakhir adalah fungsi pengawasan yang diwujudkan dalam pengawasan terhadap pelaksanaan UU, Peraturan Daerah, Pergub dan seluruh kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi,” katanya.

Sedangkan di tempat yang sama, Wakil Ketua II DPRD Kepri, Husnizar Hood berharap, kunjungan ini dapat menambah wawasan, dan salah seorang dari siswa-siswi menjadi wakil rakyat.

“Mudah-mudahan ini membuat adek-adek berminat menjadi anggota DPRD Kepri,” harapnya.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah kesempatan bagus bagi anggota DPRD Kepri menjelaskan fungsi dan kedudukan dewan sejak dini.

“Kegiatan ini bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya pelajar. Sehingga kedepan mereka dapat paham tugas dan fungsi dewan,” kata Teddy.

Setelah mendengar hal tersebut, seluruh siswa-siswi diajak berkeliling Gedung DPRD Kepri termasuk mendatangi perpustakaan DPRD Kepri. Tak hanya itu, mereka bersama para guru pembimbing juga mengikuti sidang paripurna dengan agenda laporan akhir Pansus RPJMD sekaligus disahkan menjadi Perda. (RNN)

611 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>