Published On: Jum, Apr 28th, 2017
                            

14 Pasangan Terpilih Ikuti Nikah Massal

Nikah massal tanjungpinang.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan nikah massal bagi 14 pasangan yang telah lolos seleksi administrasi, Jum’at (28/04) siang di Hotel Bintan Plaza.

Dalam penyampaiannya, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah mengatakan, program nikah massal ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, terutama membantu masyarakat yang belum memiliki buku nikah yang diakui oleh negara secara hukum.

“Dari 25 pasangan yang mendaftar, hanya 14 pasang yang lulus seleksi administrasi. Mereka yang tak lulus karena belum memenuhi persyaratan, misalnya pasangan yang mengaku duda, tetapi tidak dibuktikan dengan surat cerai mati atau hidup yang sah, begitu juga sebaliknya,” ucap Lis.

Sedangkan persyaratan ini, kata Lis, merupakan peraturan pernikahan yang berlaku di Indonesia, karena itu pihaknya belum bisa memproses khawatir akan timbul masalah dikemudian hari.

“Saya himbau kepada RT dan RW, kalau masih ada masyarakatnya yang belum melangsungkan pernikahan yang belum memegang buku nikah Kemenag, agar bisa melaporkan ke Lurah, sehingga warga tersebut bisa terpenuhi hak-hak dan kewajibannya, khususnya bagi anak-anaknya kelak yang akan menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan bekerja,” ucap Lis.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Tanjungpinang, Ahmad Yani menjelaskan, nikah massal ini dibiayai APBD tahun 2017.

Permintaan pasangan serumah yang belum memiliki buku nikah di kelurahan-kelurahan dimulai pada Februari sampai 10 Maret 2017. Hasilnya dari 25 pasang yang mendaftar, terdapat 14 pasangan yang lolos verifikasi dan menjadi peserta nikah massal. 

“Untuk 6 pasang peserta nikah massal telah dinikahkan di KUA Kota, dan 1 pasang di KUA Tanjungpinang Barat. Setelah berkoordinasi dengan KUA mengenai hasil verifikasi, nikah isbat menunggu jadwal dari kantor KUA. Dan hari ini kita langsungkan pelaksanaan nikah massal bagi peserta yang lolos verifikasi,” terangnya. (CR19)

1,294 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>